Polresta Serang Dapat Laporan, Setiap Hari 20 Rumah Ditinggal Mudik

HUKUM SERANG

SERANG – Kapolresta Serang Kota AKBP Komarudin, mengimbau, kepada seluruh masyarakat untuk tetap menjaga keamanan rumah kosong (Rumsong), sebab sejak H-6 kemarin sudah banyak terdata rumah-rumah yang banyak ditinggalkan untuk liburan dan sebagainya.

“Kami sangat menghimbau kepada masyarakat yang akan meninggalkan rumah untuk memastikan, yang paling utama adalah memastikan keselamatan dan keamanan, seperti lampu-lampu atau listrik untuk tidak terkoneksi dengan aliran listrik, kemudian tabung gas dan lain sebagainya, juga pastikan rumah dalam keadaan terkunci, kalau bisa rumahnya ditambah dengan kunci tambahan, titipkan pada tetangga terdekat dan juga RT RW,” jelasnya, Senin (11/6/2018).

Sebab, dari data laporan yang sudah diterima oleh pihaknya lebih dari 20 rumah setiap harinya yang ditinggal mudik di beberapa wilayah di Kota Serang. Namun angka tersebut dikatakan menurun tidak sebanyak yang terjadi seperti tahun sebelumnya.

“Hari ini (Senin 11 Juni 2018) terkecil, kurang lebih ada 23 Rumsong dari seluruh wilayah, artinya mungkin sudah habis kemarin atau mungkin banyak dari masyarakat kita yang karena cutinya cukup panjang lebih memilih nanti silaturahmi setelah habis lebaran, kalau evaluasi kami tidak sebanyak pada tahun lalu, kalau tahun lalu memang banyak sekali data kami, rumah-rumah yang ditinggalkan mencapai ratusan rumah di berbagai komplek atau perumahan yang memang sudah kami maping,” jelasnya.

“Tahun ini kami maping berdasarkan analisa dan evaluasi dari tahun sebelumnya titik-titik yang sering terjadi tindak pidana pencurian, dari sana kami coba simpulkan bahwa itu yang dijadikan target sasaran, makanya kami perkuat keamanan di wilayah tersebut,” imbuh Komarudin.

Selain itu, lanjut Komarudin, untuk memperkuat keamanan pihaknya juga melibatkan masyarakat untuk berjaga di masing-masing wilayahnya yang dianggap rawan agar keadaan tetap selalu kondusif.

“Tahun ini sepertinya tidak banyak masyarakat Kota Serang yang keluar daerah, justru agak berimbang dengan masuknya sodara-sodara kita yang pulang kampung kembali ke Kota Serang,” cetusnya

“Terpantau sudah kembali kesini (Kota Serang-red) dan sudah terlihat, sebagaimana terlihat volume kendaraan mulai 15.00-16.00 WIB itu terjadi peningkatan yang sangat signifikan dari aktivitas kendaraan di Kota Serang, sudah mulai terlihat menjelang Idul Fitri,” tutupnya. (*/Dave)

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *