Pabrikan Mobil Asal China di Serang Ini Gunakan Bahan Baku Krakatau Steel

SERANG – PT Sokonindo Automobile, manufaktur mobil asal China resmi mengoperasikan pabriknya di Kawasan Modern Cikande, Kabupaten Serang, Selasa (28/11/2017).

Peresmian tersebut dihadiri Menteri Perindustrian Republik Indonesia Airlangga Hartarto, Kapolda Banten Listyo Sigit Prabowo, dan CEO PT Sokonindo Automobile Alexander Barus.

Menteri Perindustrian Republik Indonesia Airlangga Hartarto menuturkan, perusaahan tersebut dibuka hasil pertemuan Presiden Jokowi dengan salah satu pabrik mobil di China, karena harga produknya terjangkau dan menggunakan brand sendiri.

Selain itu, perusahaan China ini memanfaatkan bahan baku lokal dari Indonesia, sehingga tertarik untuk bekerjasama agar bisa membuka perusahaan tersebut di Indonesia.

“Kalau saya boleh jujur ini bahan yang digunakannya juga dari PT Krakatau Steel yang diharapkan bisa memenuhi kebutuhan pasar secara global dan perusahaan ini baru buka dua di Indonesia yakni Cikarang dan Banten,” katanya.

Ia menambahkan, perusahaan tersebut akan merekrut 3.000 karyawan membuka peluang bagi masyarakat untuk mengikut seleksi untuk bisa masuk ke perusahaan tersebut.

“Seleksi nanti 95% karyawan akan menggunakan tenaga dari masyarakat Kabupaten Serang, sementara 5% lagi menggunakan tenaga asing,” ujar Airlangga Hartarto.

Airlangga juga mengapresiasi kualitas industri manufaktur ini yang tidak kalah dengan pabrik taraf nasional lainnya.

“Dan Januari kedepan, akan berlakukan agar 1 industri bisa memberikan pelatihan minimal 5 SMA/SMK agar bisa berkontribusi di Negeri ini,” kata Airlangga setelah berkeliling meninjau pabrik. (*/David)