3 Perubahan Radikal WhatsApp, Terakhir Paling Kekinian

NASIONAL

FAKTA BANTEN – Layanan pesan instan WhatsApp menambah sejumlah fitur baru untuk memanjakan penggunanya. Mengutip situs Express, Senin, 6 Agustus 2018, berikut tiga perubahan radikal WhatsApp yang perlu diketahui:

WhatsApp Business
Ini merupakan langkah WhatsApp untuk merangkul Anda dan membantu mereka berinteraksi, serta menjangkau lebih banyak konsumen atau klien.

Anak usaha Facebook ini akan meng-instal tombol pintas baru ke aplikasi sehingga Anda dapat memulai percakapan dengan klien.

Selain itu, Anda kini juga memiliki opsi untuk memberikan nomornya ke klien yang memungkinkan mereka untuk menerima informasi penting, tergantung pada keadaannya.

Anda akan dapat mengirim boarding pass WhatsApp, konfirmasi pengiriman, dan dokumen lain milik klien apabila mereka telah memberikan nomor telepon.

Tombol baru ‘klik untuk obrolan’ (click-to-chat) juga dimanfaatkan oleh Facebook yang memungkinkan pengguna melompat ke WhatsApp Business dengan cepat.

Diperkirakan, kehadiran fitur ini merupakan cara baru Facebook untuk menghasilkan pundi-pundi uang. Bagi Anda yang tidak membalas klien dalam waktu 24 jam, apapun alasannya, maka Anda akan dipaksa membayar ke Facebook sebagai hak istimewa.

Meski begitu, WhatsApp memastikan bahwa hanya Anda dan klien saja yang dapat membaca pesan apa yang telah dikirimkan, atau enkripsi end-to-end, serta klien berhak memblokir pesan Anda jika merasa tidak nyaman.

Forwarded Messages
Selain menambahkan fungsi baru yang vital, WhatsApp baru-baru ini mengubah fitur yang sangat sering digunakan. Awal Juli lalu, mereka menambahkan label ke pesan yang telah diteruskan (forwarded messages).

Ini memungkinkan pengguna menerima untuk mengidentifikasi ketika pesan belum dikirim oleh salah satu kontak mereka sendiri.

WhatsApp menyatakan bahwa pembaruan ini dirancang untuk menambahkan “konteks” ke interaksi pengguna. Konteks ekstra ini akan membantu membuat obrolan satu lawan satu dan grup lebih mudah diikuti.

Fitur ini juga membantu Anda menentukan apakah teman atau saudara Anda menulis pesan yang mereka kirim atau apakah pesan itu berasal dari orang lain.

Untuk melihat label baru yang diteruskan ini, Anda harus memiliki versi terbaru WhatsApp yang didukung di ponsel pintar Anda.

Video Calling
Selain mengubah cara pengguna berinteraksi dengan bisnis, WhatsApp juga secara radikal mengubah cara mereka berinteraksi dengan teman dan keluarga.

Pengguna WhatsApp kini sudah bisa menikmati fitur anyar, grup video call. Fitur ini sudah dinanti-nanti oleh pengguna sejak beberapa pekan belakangan ini.

WhatsApp sudah mengumumkan fitur anyar grup video call dalam temu pengembang tahunan Facebook 2018 pada pekan pertama Mei lalu.

Fitur baru ini memungkinkan hingga empat orang untuk mengobrol dalam satu video call dalam aplikasi terpopuler itu. Pengguna yang bisa menjajal fitur anyar itu harus sudah menginstal versi terbaru WhatsApp.

Untuk platform berbasis iOS, pengguna harus sudah menginstal versi WhatsApp 2.18.52 sedangkan untuk pengguna Android harus sudah menginstal WhatsApp versi 2.18.145+. (*/Detik)

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *