www.faktabanten.co.id
Suara Merdeka Rakyat Banten
Ied__pemkot-AlKhairiyah

5 Buah Ini Dapat Stabilkan Gula Darah Saat Momen Lebaran

0

FAKTA BANTEN – Setelah berpuasa sebulan penuh, saatnya merayakan Hari Raya Idul Fitri. Opor ayam, ketupat sayur, rendang, aneka kue Lebaran tersaji untuk dinikmati. 

Tak jarang konsumsi makanan saat Lebaran sering kali berlebihan. Makanan yang berlebihan dapat meningkatkan kadar gula darah. Untuk itu, menjaga gula darah tetap stabil saat Lebaran penting untuk diperhatikan.

Ied__Lmp-dede-masigit

Beberapa buah diketahui dapat menstabilkan kadar gula darah. Berikut beberapa buah yang dapat dikonsumsi, mengutip berbagai sumber.

Ied KTI- Bar

1. Beri
Buah stroberi atau blueberry dan jenis beri lainnya dapat menetralkan kalori yang masuk dan menjaga kadar gula darah. Kelompok buah beri ini juga kaya akan antioksidan, vitamin, dan serat sehingga baik untuk kesehatan tubuh.

Jika Anda tak suka dengan rasa sepat dari buah beri, konsumsilah buah ini dengan yogurt agar rasa semakin nikmat.

Ied__Yadi-LM

2. Apel
Buah apel sarat dengan serat. Dikutip dari Every Day Health, apel juga merupakan sumber vitamin C dan antioksidan yang baik untuk tubuh. Mengonsumsi apel dapat menjaga kadar gula darah tetap seimbang saat banyak mengonsumsi kalori di Hari Lebaran.

3. Jeruk
Selain vitamin C, buah jeruk juga kaya akan folat dan kalium yang membantu menormalkan tekanan darah.

Dikutip dari Medical News Today, penelitian menunjukkan, konsumsi jeruk pada orang diabetes dapat membantu mengontrol gula darah.

4. Pir
Buah pir kaya akan serat dan sumber vitamin K yang baik dan dapat membantu mengontrol gula darah. Studi menunjukkan, konsumsi buah pir dapat mengurangi risiko obesitas, diabetes, penyakit kardiovaskular, dan kematian dini.

Selain itu, pir juga baik untuk meningkatkan energi dan mengurangi berat badan.

5. Kiwi 
Kiwi mengandung tinggi potasium, serat, dan vitamin C sehingga baik untuk gula darah. Studi menunjukkan, zat bioaktif ketika mengonsumsi tiga buah kiwi sehari dapat menurunkan tekanan darah. Dalam jangka panjang, kiwi dapat menurunkan risiko penyakit stroke dan penyakit jantung. (*/CNN)

Ied__Posco-Helldy

Dapatkan notifikasi lansung ke perangkat Anda, Klik Aktifkan

error: www.faktabanten.co.id