7 Destinasi Wisata di Cilegon yang Cocok untuk Akhir Pekan

CILEGON WISATA

FAKTA BANTEN – Bagi orang luar daerah ketika pertama mengunjungi Kota Cilegon mungkin berpikir tak akan menemukan apapun tempat indah untuk berwisata karena kota ini lebih dikenal dengan sebutan Kota Baja penghasil logam baja paling besar di Asia Tenggara.

Namun ternyata, selain industrinya yang maju, Cilegon juga memiliki potensi destinasi wisata yang recomended dan perlu didatangi untuk mengisi liburan di akhir pekan, khususnya bagi Anda yang cinta pada alam.

Berikut adalah beberapa bagian dari destinasi wisata di Kota Cilegon :

1. Pulau Merak Besar
Pulau yang terletak berhadapan dengan pelabuhan ASDP Merak ini, memiliki luas sekitar 20 hektar. Pulau Merak Besar mempunyai beberapa fungsi, diantaranya adalah hutan lindung, habitat hewan langka seperti Elang dan Kera dan penahan gelombang ke arah Pelabuhan Merak.

Pulau Merak Besar terbilang pulau yang masih alami karena tidak berpenghuni. Pulau ini pun punya kekayaan laut dan flora fauna, serta bebatuan. Selain kita juga dapat menemukan adanya koral Situs Tsunami Gunung Krakatau yang meletus pada 1883 silam, konon di puncak pulau ini ada sebuah petilasan pendekar tersohor Si Jampang.

Untuk mengunjunginya, kita memerlukan jasa antar- jemput nelayan setempat dengan tarif sekitar Rp. 25.000; dari daratan Pulau Jawa (Merak), hanya ditempuh dengan waktu sekitar 10- 15 menit untuk sampai ke Pulau Merak Besar. Karena belum dikelola, di pulau ini kita tidak akan menemukan penjual makanan dan minuman. Maka sebelum berangkat sebaiknya kita membawa bekal dan jangan buang sampah semabarangan, ya.

2. Pulau Merak Kecil
Tidak jauh dari Pulau Merak Besar, ada juga Pulau Merak Kecil. Kita dapat mencapai pulau ini dengan jasa antar jemput perahu yang kini dikelola oleh para pemuda setempat di belakang kantor Polsek Pulomerak.

Pulau ini termasuk dalam gugusan Pulau Merak Besar yang luasnya kurang lebih 4,62 hektar. Pulau ini juga mempunyai fungsi sebagai penahan ombak laut, menghalanginya masuk ke Pelabuhan Merak. Pada hari Sabtu dan Minggu, pulau ini biasanya ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal dari Cilegon, Serang dan Tangerang.

3. Waduk Krenceng
Destinasi wisata Cilegon selanjutnya adalah Waduk Krenceng. Tempat ini ketika belum ditutup sangat ramai dikunjungi warga khususnya anak muda. Apalagi ketika bulan Ramadhan tiba, akan ramai dimanfaatkan sebagai tempat nyenyore atau ngabuburit. Waduk buatan ini tergolong luas, apabila kita melihatnya akan memberi kesan tenang dan damai. Yang dilihat sejauh pandangan mata kita hanyalah waduk berbentuk lingkaran dengan air beriak terhempas angin.

Biasanya Waduk Krenceng akan ramai mulai pukul 16.00 WIB. Kita akan disambut dengan semilir angin sepoi-sepoi yang sejuk saat tiba di lokasi waduk. Meski saat ini akses jalan waduk sudah ditutup. Namun masih banyak pengunjung yang bukan hanya warga sekitar saja yang datang tiap harinya dengan memarkirkan kendaraan disekitar rumah warga setempat.

Sejak penutupan akses jalan, kebersihan area waduk ini tetap terjaga dengan baik. Fungsi waduk ini adalah sebagai penampung air Sungai Rawa Dano untuk penyuplai kebutuhan air bersih di Cilegon khususnya kawasan Industri. Selain untuk bersantai, banyak juga warga yang memancing di waduk yang berlokasi di Kecamatan Citangkil ini.

4. Gunung Batur
Lokasi destinasi wisata di Cilegon selanjutnya adalah Gunung Batur. Apabila kita tempuh dari pusat Kota Cilegon jaraknya sekitar 8 km, Tempat ini adalah salah satu tujuan wisata agro yang lebih berorientasi pada wisata minat khusus, diantaranya layang gantung, pecinta alam, camping, hiking, mempelajari flora fauna dan lain sebagainya.

Dari atas Gunung Batur Anda akan dimanjakan oleh view pemandangan pegunungan dan hijaunya pepohonan sekaligus bentangan laut Selat Sunda. Dan untuk lebih mudah Anda mengaksesnya sebaiknya membawa kendaraan pribadi yang bisa diparkir di pemukiman warga terdekat.

Lokasinya berada Kecamatan Pulomerak, untuk lebih detail memetakan lokasi destinasi wisata ini bisa mengklik di Google Maps.

5. Gunung Batu Lawang
Di tempat ini dapat anda temui hamparan pepohonan hijau sekaligus pegunungan granit dengan beragam bentuk batuan yang memukau. Wisata Gunung Batu Lawang mirip dengan Gunung Batur, yang memang sangat sarat akan petualangan.

Dari atas Gunung Batu Lawang kita dsuguhkan pemandangan pesisir sebelah Barat Kota Cilegon dengan hamparan laut birunya yang indah. Namun untuk dapat menyaksikan sendiri keindahan pemandangan ini anda harus rela mendaki medan yang lumayan terjal sehingga bila anda ingin mendaki Gunung Batu Lawang, pastikan anda menggunakan sepatu yang tidak licin dan tidak membawa terlalu banyak barang.

Berlokasi di Gerem, Kecamatan Grogol, untuk mencapainya dari parapatan Gerem/Jalan Raya Cilegon- Merak bisa ditempuh sekitar satu jam perjalanan dengan sepedaa motor. Selebihnya setelah kendaraan kita parkir dilanjutkan dengan berjalan kaki dengan sedikit pendakian.

Sebenarnya masih ada dua lagi destinasti wisata di Kota Cilegon yang sangat bagus dan sudah dikelola dengan baik. Namun redaksi faktabanten.co.id tidak bisa merekomendasikannya kepada Anda karena keberadaan kedua destinasti wisata yang sudah sangat ramai dikunjungi tersebut, kini sudah tidak ada_direklamasi untuk kepentingan industri. Ckckck sayang amat ya kawan…

Tapi sebagai nostalgia untuk mengenangnya, yuk kita simak kedua destinasti wisata tersebut:

6. Pantai Pulorida
Nama pantai ini memang sangat unik karena terdengar seperti salah satu pantai terkenal di Amerika, yaitu pantai Florida. Kemiripan nama pantai ini juga dikarenakan keindahan pantai Pulorida juga tidak kalah dengan pantai yang ada di negeri Paman Sam tersebut. Hal itu juga yang dulu membuat pantai ini lebih gampang polpuler, terlebih pemandangan sunset dari pantai ini sangat mempesona. Tapi sayang, dalam pantauan terakhir faktabanten.co.id beberapa bulan yang lalu, pantai ini sudah tidak tampak wujud pantainya karena sudah direklamasi. Hiks..hiks…

7 Pantai Kelapa Tujuh
Pantai yang terletak di sebelah Utara Kota Cilegon ini memiliki keindahan pantai yang luar biasa. Pantai Kelapa Tujuh menyimpan pesona pantai yang masih alami bahkan selain bisa menikmati pemandangan alamnya, kita juga bisa berenang di pantai ini karena ombaknya relatife cukup tenang sehingga aman untuk melakukan aktifitas wisata laut.

Pantai yang dulunya selalu ramai dikunjungi wisatawan baik dari Cilegon maupun luar Cilegon ini sudah tak lagi tampak, selain truk-truk besar dan alat berat yang tengah dioperasikan mengurug pantai. Sehingga dari pantauan langsung sekitar sebulan yang lalu, suda tak lagi terlihat wajah asri pepohonan hijau serta nyiur (pohon kelapa) yang melambai-lambai.

Dan tentunya destinasti Pantai Kelapa 7 ini banyak menyimpan kenangan di benak warga Cilegon. So, ada yang mau bercerita kenangan itu di komentar? He he he. (*/Ilung)

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *