Akhirnya, Piala Dunia 2018 Tanpa Italia

INTERNASIONAL OLAHRAGA

MILAN – Selasa (14/11/2017) sepertinya menjadi malam terkelam dalam sejarah sepakbola Italia. Juara empat kali Piala Dunia ini sudah dipastikan gagal mengikuti perhelatan kompetisi sepakbola terakbar se-dunia ini di Rusia tahun depan.

Kegagalan kali pertama Gli Azzurri absen sejak tahun 1958 atau pertama kalinya dalam 60 tahun ini, yang lebih menyakitkan Buffon harus menerima kenyataan ini di depan pendukungnya sendiri.

Pada pertandingan leg kedua dinihari tadi di San Siro, Italia dipaksa bermain imbang 0-0 oleh tuan rumah Swedia. Swedia berhak melaju kebabak selanjutnya karena unggul 1-0 kosong pada leg pertama di Swedia.

Italia yang tampil di depan pendukungnya sendiri, sebenarnya tampil mendominasi jalannya pertandingan sejak menit awal. Di babak pertama mereka tampil menyerang dengan melesakan tujuh tembakan, sayang semuanya masih belum bisa berbuah gol karena penyelesaian akhir yang terlihat kurang tenang.

Di babak keduapun tak banyak perubahan, Italia masih mendominasi laga dengan hampir 77 persen penguasaan bola dengan bermain hampir setengah lapangan. Sedangkan tim tamu yang sudah unggul agregat lebih memilih memilih strategi “Parkir Bus” alias bertahan total.

Akhirnya dari banyaknya peluang 27 kali dengan 6 shoot on goal belum satupun berbuah gol sampai tambahan waktu 5 menit yang diberikan wasit. Dan pertandingan pun berakhir dengan skor kacamata 0-0. Italia yang memiliki catatan fantastis di ajang empat tahunan ini terpaksa harus absen kali ini.

Kekalahan ini sekaligus menjadi pukulan telak bagi Gialuigi Buffon yang sudah menyatakan akan pensiun pada akhir musim. Padahal Buffon berharap mampu menjuarai Piala Dunia untuk terakhir kalinya sekaligus penutup karirnya.

Sementara Italia termangu meratapi kegagalan mereka, Victor Lindelof dan kawan-kawan bersorak setelah memastikan satu tempat ke Rusia. Mereka menjadi negara ketiga yang lolos dari babak play-off zona Eropa setelah Swiss dan juga Kroasia.

Susunan pemain:

Italia (3-5-2): 1-Gianluigi Buffon; 15-Andrea Barzagli, 19-Leonardo Bonucci, 3-Giorgio Chiellini; 6-Antonio Candreva, 18-Marco Parolo, 8-Alessandro Florenzi, 7-Jorginho, 4-Matteo Darmian; 11-Ciro Immobile, 23-Manolo Gabbiadini.
Pelatih: Gian Piero Ventura

Swedia (4-4-2): 1-Robin Olsen; 2-Mikael Lustig, 4-Andreas Granqvist, 3-Victor Lindelof, 6-Ludwig Augustinsson; 17-Viktor Claesson, 7-Sebastian Larsson, 13-Jakob Johansson, 10-Emil Forsberg; 9-Marcus Berg, 20-Ola Toivonen.
Pelatih: Janne Andersson

Wasit: Antonio Mateu (Spanyol). (*/Ilung)

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *