Antisipasi Gesekan Massa Pendukung Calon, Polres Serang Kota Terjunkan Kekuatan Penuh

POLITIK SERANG

SERANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Serang akan melaksanakan tahapan penetapan calon, Senin 12 Februari 2018 dan pengambilan nomor urut pasangan calon, Selasa 13 Februari 2018.

Menyikapi hal tersebut, Kapolres Serang Kota, AKBP Komarudin mengatakan, bahwa pihaknya akan melakukan pengamanan penuh dalam mengantisipasi kemungkinan-kemungkinan terburuk yang bisa terjadi.

“Hari ini akan ada penetapan calon, dan KPU mengizinkan masing-masing paslon membawa massa pendukung,” ucap AKBP Komarudin seusai gelaran penyerahan berita acara Bapaslon, Senin (12/2/2018) pagi.

Hal tersebut yang menjadi dasar bagi pihak kepolisian untuk tetap siaga dalam mengamankan jalannya proses demokrasi dalam Pilkada Kota Serang 2018.

“Dikhawatirkan terjadi gesekan-gesekan antar massa pendukung calon,” imbuhnya.

Sekitar 427 personil gabungan dari TNI/Polri diterjunkan, sedangkan dari Polri sendiri gabungan dari Polres Serang Kota, Polda dan Brimob yang dikerahkan untuk menjaga kondusifitas disekitar hotel LeDian, Kota Serang, tempat berlangsungnya acara tersebut.

“Kita siapkan semuanya, bahkan kita terjunkan tim penjinak bom dan kendaraan dinas kepolisian semua diturunkan,” ungkapnya.

“Bahkan ada mobil pemadam kebakaran yang juga diturunkan,” lanjutnya.

Menurut Kapolres Serang Kota, hal tersebut merupakan bukti keseriusan pihaknya dalam mengamankan dan menjaga kondusifitas jalannya tiap tahapan Pilkada Kota Serang 2018.

“Kita bukan over-esstimate, tapi kita juga jangan under-esstimate,” tuturnya.

Ia pun menghimbau kepada semua pasangan calon agar mengarahkan pendukungnya untuk bisa ikut menjaga ketertiban dan keamanan pesta rakyat Kota Serang.

Untuk tahapan penetapan, Senin 12 Februari 2018 pukul 14.00 WIB. KPU membolehkan membawa massa pendukung masing-masing paslon sebanyak 50 orang. Namun untuk pengambilan nomor urut keesokannya, KPU membolehkan membawa massa pendukung sebanyak 100 orang.

Dan hal tersebut yang menjadi alasan Polres Serang Kota untuk menambah jumlah personil yang diterjunkan pada tahapan pengambilan nomor urut.

“Besok (Selasa) kita akan tambah satu kompi lagi pasukan,” tutupnya. (*/Ndol)

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *