Babinsa dan Babinkamtibmas di Kota Serang Akan Aktif Bergerilya Selama Musim Mudik

SERANG

SERANG – Untuk mengantisipasi terjadinya tindakan pencurian khususnya pada Rumah Kosong (Rumsong), Kapolres Serang Kota AKBP Komarudin beserta Dandim 0602 Serang Letkol Czi Harry Praptomo, berkomitmen untuk menginstruksikan kepada para anggota Babinsa dan Babinkamtibmas untuk aktif bergerilya mengecek dan meningkatkan patroli keamanan lingkungan.

Patroli terutama menyentuh pemukiman-pemukiman penduduk, serta sekaligus melakukan pendataan dengan berkoordinasi kepada RT/RW terkait jumlah rumah yang ditinggalkan oleh penghuninya untuk Mudik.

“Sudah berapa banyak Rumsong (rumah kosong-red) yang ditinggal oleh penghuninya, dan juga tentunya masyarakat disini dianggap memegang peranan, serta yang cukup penting untuk menjaga situasi Kamtibmas agar tetap kondusif,” kata AKBP Komarudin saat dijumpai di Pospam Alun-alun Barat Kota Serang, Selasa (12/6/2018).

Kendati siap melakukan pengamanan lingkungan, namun Kapolres meminta masyarakat tidak menggantungkan sepenuhnya keamanan kepada aparat.

“Jangan sepenuhnya memberikan atau memastikan bahwa tempat tinggalnya sudah dilaporkan ke petugas berarti aman. Tidak demikian, kita harus sama-sama menjaga, berusaha agar tidak ada tindakan atau kejahatan pencurian terhadap Rumsong-rumsong yang saat ini banyak ditinggali oleh warga,” imbuhnya.

Saat ini, lanjut Komarudin, setiap Rumsong di pemukiman atau kompleks-kompleks perumahan, sudah dilakukan pendataan atau sudah dilaporkan oleh para Babinsa dan Babinkamtibmas.

Selain itu, ia mengaku, sesuai amanat dari Kapolri, pihaknya tidak akam segan-segan untuk menindak tegas jika mendapatkan pelaku atau orang-orang yang mencoba melakukan tindakan kejahatan pencurian dengan cara apapun.

“Hampir rata-rata sudah berjumlah puluhan Rumah tentunya ini juga menjadi atensi kami untuk melakukan peningkatan pengamanan,” cetusnya.

“Sebagaimana juga tadi perintah Bapak Kapolri bahwa petugas TNI Polri agar meningkatkan pengawasan dan menindak tegas siapa pun yang coba-coba melakukan perbuatan atau pelanggaran hukum terutama pencurian, begal dan lain sebagainya, kami tidak akan segan untuk menindak tegas pelaku kejahatan dalam masa lebaran kali ini,” tambahnya.

Ditambahkan Dandim 0602 Serang, Letkol Czi Harry Praptomo, bahwa Babinsa dan Babinkamtibmas akan selalu bersama-sama mengamankan wilayahnya terutama pada daerah yang dianggap cukup rawan, sebab anggota Babinsa di Koramil-koramil menurutnya sudah melekat pada wilayahnya masing-masing.

“Mereka akan selalu melaksanakan pemantauan di wilayah masing-masing terutama rumah-rumah kosong, kemudian lingkungan-lingkungan yang mungkin disitu banyak ditinggalkan oleh penghuninya untuk melaksanakan mudik lebaran,” paparnya.

“Untuk jam rawan itukan seperti biasa ya, pada saat umat Islam melaksanakan sholat tarawih itukan agak rawan juga, kemudian pada saat menjelang subuh dimana biasanya setelah sahur itukan pada tidur lagi, itu yang kami waspadai, kalau siang itu relatif masih aman yang kita waspadai itu pada jam malam,” tegasnya. (*/Dave)

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *