Bupati Lebak Resmikan Pondok Pesantren di Kecamatan Malingping

LEBAK PENDIDIKAN

LEBAK – Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya meresmikan Pondok Pesantren Daarul Ulum dan Pondok Pesantren Sabilil Huda di Desa Pagelaran, Kecamatan Malingping, Rabu (19/7/17).

Pondok Pesantren merupakan sebuah lembaga pendidikan Islam yang telah lahir jauh sebelum Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) berdiri. Peran pondok pesantren dalam mengawal pergerakan kemerdekaan hingga berdirinya NKRI memang sudah tidak diragukan lagi.

Dikatakan Bupati Iti Octavia Jayabaya, pesantren juga berperan mendidik anak bangsa dalam menimba ilmu ke-Islaman dan semangat kebangsaan, warisan para ulama terdahulu yang memiliki kultur, karakter dan kearifan lokal.

“Walaupun dengan anggaran yang sangat terbatas, Pemerintah Kabupaten Lebak terus berupaya untuk membangun sumber daya manusia melalui pendidikan pesantren di tengah arus zaman era modern ini, semoga hasil pendidikan di pondok nantinya akan melahirkan bibit bibit ulama yang dapat menanamkan kesejukan bagi kita semua,” ungkap Iti.

BACA JUGA: Bupati Sambut Hangat Mahasiswa IPB yang Akan Melaksanakan KKN di Lebak

Menurutnya, program pengembangan pondok pesantren harus berkelanjutan setiap tahun dan harus mengalami peningkatan pada tahun-tahun mendatang.

“Ini agar dapat melanjutkan kembali perjuangan demi memajukan pondok pesantren di Kabupaten Lebak,” tutur Bupati Iti yang juga lulusan pondok pesantren Wasilatul Falah Rangkasbitung ini.

Bupati Lebak memberikan bantuan dana untuk pengembangan pendidikan pondok pesantren di Kecamatan Malingping / Dok

Sementara itu, Ketua Forum Silaturahmi Pondok Pesantren (FSPP) Kecamatan Malingping KH. Idin Marsidin, berharap pemerintah daerah bisa menambah alokasi bantuannya untuk pondok pesantren di wilayahnya. Mengingat untuk saat ini terdapat lebih dari 150 pondok pesantren yang sangat membutuhkan bantuan dari segi sarana dan prasarana.

BACA JUGA: Bupati Lebak Berhentikan dan “Damprat” Sopir Truk Mengangkut Pasir Basah

Dalam peresmian Ponpes kali ini, Bupati Iti menandatangani prasasti yang turut disaksikan oleh para pimpinan Ponpes, ulama serta tokoh masyarakat Kecamatan Malingping. (*)

 

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *