Bupati Tatu Tegaskan OPD Harus Konsisten Jalankan Program untuk Peningkatan IPM

PEMERINTAHAN SERANG

SERANG – Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah menegaskan kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) agar dapat konsisten dalam menjalankan programnya. Karena, saat ini Pemerintah Kabupaten Serang sedang soroti peningkatan Indeks Pembangunan Masyarakat (IPM) yang menjadi program prioritas.

Tatu menjelaskan, banyak pembahasan yang harus dibahas dalam forum gabungan perangkat daerah, misalnya, rancangan rencana kerja perangkat daerah yang menjadi sasaran prioritas program, kegiatan perangkat daerah, dan sinergitas program antar perangkat daerah.

“Forum gabungan perangkat daerah diselenggarakan dengan mengkombinasikan hasil Musrenbang di kecamatan dan proses hasil reses DPRD Kabupaten Serang,” ungkap Bupati Tatu, saat membuka acara Forum Gabungan Perangkat Daerah di Aula Tb Suwandi, Senin (12/3/2018).

Ia berharap masing-masing OPD selaku pemegang kendali bisa membagi tugas untuk pencapaian IPM, jangan sampai keluar dari jalur dan melenceng dari tolak ukur IPM.

“OPD sebagai pemegang kendali untuk pencapaiannya. Sehingga jangan sampai keluar jalur untuk target Infrastruktur, Kesehatan, Pendidikan, dan daya beli Sebagai tolak ukur peningkatan IPM,” tambahnya.

Saat dikonfirmasi terkait program prioritas apa saja yang sudah berjalan, Tatu mengaku bahwa hanya program infrastruktur jalan sudah berjalan sesuai dengan arahan. Sementara program lainnya, hingga saat ini belum terlaksana dengan baik.

”Pendidikan dan Kesehatan kami minta untuk detilkan datanya. Seperti ruang kelas yang rusak ada berapa dan puskesmas yang perlu diperbaiki ada berapa? Sehingga harus jelas agar bisa dilakukan perencaan agar segera diperbaiki,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Bappeda Kabupaten Serang, Anang Mulyana, menuturkan, Forum Gabungan Perangkat Daerah ditunjukan agar menyelaraskan rencana program setiap OPD yang sesuai tugas pokoknya.

“Sesuai dengan maksud penyelenggaraan kegiatan forum gabungan perangkat daerah ini, maka di dalam menyusun rencana kegiatan tahun 2019, masing-masing mengakomodir program prioritas pada rancangan agar konsisten. Sehingga target RPJMD dan RKPD dapat terwujud,” katanya.

Menurutnya, Kepala Organisasi Perangkat Daerah ditunjuk untuk memaparkan rencana program dan kegiatannya pada tahun 2019 yang sesuai dengan tugas pokok, fungsi dan kewenangan masing-masing, mengarah langsung pada upaya pencapaian sasaran pembangunan daerah tahun 2019.

“Rencana kerja disusun melalui kegiatan forum gabungan perangkat daerah ini akan dilanjutkan dengan penyelenggaraan Musrenbang RKPD yang akan digelar bersama-sama dengan perwakilan seluruh stakeholder di Kabupaten Serang,” ujarnya. (*/Dave)

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *