Cal Crutchlow Juarai MotoGp Argentina, Rossi dan Marquez Tak Raih Poin

OLAHRAGA

ARGENTINA – Seri Grand Prix Argentina yang digelar pada Senin (9/4/ 2018) dinihari WIB secara mengejutkan dimenangi oleh Cal Crutchlow. Pembalap pabrikan motor Honda LRC tersebut meraih kemenangan ketiga sepanjang karier, sekaligus yang pertama di kejuaraan MotoGP tahun ini.

Terjadi drama besar di Grand Prix Argentina tahun ini, ketika tidak ada satu pebalap favorit yang tak mampu menembus podium. Karena yang menemani Crutchlow untuk berdiri di podium, ada Johann Zarco (Yamaha Tech 3) sang runner-up dan Alex Rins (Suzuki) si peringkat ketiga.

Aksi Marc Marquez yang bagai ‘orang gila’ dengan sekian insiden, diantaranya beberapa rider termasuk Valentino Rossi yang harus terjatuh lap akhir karena aksi gilanya, Andrea Dovizioso pun hanya mampu menyelesaikan lomba di urutan keenam, muncullah Crutchlow sebagai juara. Ia terakhir kali merasakan nikmat kemenangan seri di Austria pada 2016.

Sebelum lomba dimulai, ada insiden lucu saat Marc Marquez menempatkan motor tidak sesuai dengan aturan barisan. Akibatnya, start harus tertunda. Namun, insiden konyol tersebut tidak mengurangi ‘kebuasan’ pria berjuluk Baby Alien, yang lantas melesat ke urutan kedua.

Sementara itu, Dani Pedrosa menjadi korban pertama keganasan lomba di Rio Hondo. Dia terpelanting setelah motornya hilang kendali pada tikungan 13 di lap awal. Hal ini terjadi akibat serbuan Johann Zarco yang hendak menyalipnya dari dalam.

Di deretan terdepan, Marc Marquez sempat memimpin lomba. Namun, hal ini tidak berlangsung lama. Meski unggul 2,3 detik dari Jack Miller, posisi Marquez diturunkan. Ia harus menjalani hukuman penalti masuk pit karena tingkah antiknya sebelum lomba. Jadilah, Baby Alien harus menyusul pebalap lain dari posisi ke-19.

Jack Miller yang kembali memimpin lomba, diikuti deretan pebalap non-favorit. Ada Alex Rins, Johann Zarco, dan Cal Crutchlow yang membuntuti, disusul oleh Andrea Dovizioso kala lomba tersisa 12 lap.
Marquez kembali bermasalah di posisi buntut. Dia nyaris saja mengalami kecelakaan saat memaksakan diri menyalip pebalap Aprilia, Aleix Espargaro. Akibatnya, meski sempat ada di urutan ke-16, Marquez kembali terkena hukuman. Posisinya diturunkan satu tingkat.

Namun sekali lagi, Marquez melesat. Di sisa balapan, ia mendesak untuk masuk ke deretan papan tengah. Pria Spanyol yang bagai kesetanan itu kembali bermasalah. Kali ini ia menyebabkan Valentino Rossi terjatuh. Marquez akhirnya terkena hukuman 30 detik, meskipun finish diurutan ke 5 ia tak meraih poin di Rio Hondo.

Kembali ke persaingan di deretan terdepan, Alex Rins berhasil menyalip Jack Miller ketika lomba tersisa 10 lap. Namun itu hanya sementara, karena Miller kemudian kembali memegang kendali. Yang terjadi berikutnya adalah, persaingan untuk juara menjadi milik Miller, Rins, Zarco, dan Crutchlow.

Momentum penting didapatkan oleh Cal Crutchlow enam lap jelang bubaran. Jack Miller melebar, dan ia melesat untuk memimpin lomba. Di belakang Crutchlow, ada Zarco dan Rins yang menempel. Sementara Miller, karena kesalahan fatalnya, tercecer di posisi keempat.

Susul-menyusul terjadi antara Crutchlow dan Zarco untuk perebutan tempat pertama, sementara Rins membuntuti sembari mengincar celah. Hingga akhir, Crutchlow mempertahankan posisinya untuk mendapatkan 25 poin. Lebih istimewa lagi, karena berkat tambahan angka itu, sang pebalap Inggris kini memimpin klasemen sementara.

Berikut ini hasil lengkap Grand Prix Argentina dinihari tadi:

-Nomor -Nama- Tim -Waktu/ Selisih
1 Cal CRUTCHLOW LCR Honda CASTROL 40’36.342
2 Johann ZARCO Monster Yamaha Tech 3 0.251
3 Alex RINS Team SUZUKI ECSTAR 2.501
4 Jack MILLER Alma Pramac Racing 4.39
5 Maverick VI√ĎALES Movistar Yamaha MotoGP 14.941
6 Andrea DOVIZIOSO Ducati Team 22.533
7 Tito RABAT Reale Avintia Racing 23.026
8 Andrea IANNONE Team SUZUKI ECSTAR 23.921
9 Hafizh SYAHRIN Monster Yamaha Tech 3 24.311
10 Danilo PETRUCCI Alma Pramac Racing 26.003
11 Pol ESPARGARO Red Bull KTM Factory Racing 31.022
12 Scott REDDING Aprilia Racing Team Gresini 31.891
13 Takaaki NAKAGAMI LCR Honda IDEMITSU 32.452
14 Franco MORBIDELLI EG 0,0 Marc VDS 42.061
15 Jorge LORENZO Ducati Team 42.274
16 Alvaro BAUTISTA Angel Nieto Team 42.625
17 Thomas LUTHI EG 0,0 Marc VDS 43.35
18 Marc MARQUEZ Repsol Honda Team 43.86
19 Valentino ROSSI Movistar Yamaha MotoGP 52.082
20 Karel ABRAHAM Angel Nieto Team 1’03.944
21 Xavier SIMEON Reale Avintia Racing 1’10.144 (*/Ilung)

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *