Curug Ciwarijan, Wisata Alternatif Ditempuh Hanya 30 Menit dari Kota Cilegon

Dprd ied

CILEGON – Nama Curug Ciwarijan sebagai tempat wisata memang belum banyak diketahui banyak orang.

Objek wisata air terjun setinggi 15 Meter ini berlokasi di Kampung Kadu Payung, Desa Balai Kencana, Kecamatan Mancak, Kabupaten Serang.

Wisata yang baru dibuka 3 bulan lalu ini bisa dijadikan alternatif pilihan untuk mengisi liburan keluarga saat lebaran.

Lokasinya cukup dekat, terhitung jarak tempuh hanya 30 menit dari pusat Kota Cilegon dengan menggunakan kendaraan roda dua.

Mengingat tempat wisata ini masih baru, wartawan Fakta Banten akan menunjukan rute perjalanannya; yaitu jika dari Kota Cilegon bisa melalui akses jalur Kerenceng – Mancak, setelah pertigaan Pasar Mancak kemudian belok kanan mengambil jalan arah Anyer. Hingga jarak sekitar 3 KM dari Pasar Mancak, akan ada pertigaan Ciampel sebelah kiri jalan, disana akan ada petunjuk papan nama Curug Ciwarijan.

Sedangkan jika pengendara dari arah Anyer, lokasi pertigaan Ciampel tidak jauh dari Lembah Bukit Hijau (LBH), yakni setelah LBH perhatikan sisi jalan sebelah kanan.

Dari pertigaan Ciampel, lokasi Curug Ciwarijan masih sekitar 4 KM lagi dengan menempuh jalan kampung yang menanjak. Harap berhati-hati karena kondisi jalanan masih banyak yang rusak dan badan jalan cukup sempit.

dprd tangsel

Disarankan untuk menuju ke lokasi ini kawan Fakta sebaiknya menggunakan sepeda motor saja, karena jika ada dua mobil berpapasan akan sulit melintas dengan kodisi jalan yang menanjak.

Sesampainya di kampung Kadu Payung, warga setempat sudah menyiapkan lokasi parkir seluas 800 meter. Perjalanan selanjutnya harus ditempuh dengan berjalan kaki melewati perkebunan dan persawahan. Hanya butuh berjalan 30 menit saja bisa sampai ke lokasi Curug Ciwarijan.

Pengelola Curug Ciwarijan Subari mengatakan, wisata air terjun ini baru dibuka sekitar 3 bulan lalu. Saat ini jalan menuju lokasi air terjun sudah diperbaiki, dibangun jembatan, serta terdapat mushola. Adapun biaya tiket masuk sebesar Rp5.000.

“Kita masih kekurangan dana untuk melakukan perbaikan dan penambahan fasilitas baru. Kita sudah menemui Kepala Desa sampai anggota DPRD Serang untuk membantu dalam pembangunan wisata ini,” kata Subari.

Air terjun ini cukup nyaman untuk wisata keluarga. Jalannya yang mudah ditempuh dan debit air tidak terlalu banyak, air terjun ini aman untuk anak-anak.

Lokasi air terjun ini berada di Hutan Lindung Milik Negara, tepatnya di blok Ciwarijan dan berbatas dengan tanah milik pemerintah desa.

Keindahan air terjun ini dikenal berkat pengunjung yang memposting foto di sosial media. Namun untuk pengembangan lebih lanjut, tentu dibutuhkan adanya keterlibatan pemerintah dalam memperbaiki fasilitas dan peran serta dalam promosi wisata alternatif ini. (*)