Diterpa Hujan Deras, SDN Kambangan di Mancak Rawan Longsor

HEADLINE SERANG

SERANG – Akibat intensitas hujan yang tinggi akhir-akhir ini, SDN Kambangan yang berada di Kampung Kambangan, Desa Ciwarna, Kecamatan Mancak, Kabupaten Serang, mengalami longsor pada Senin 5 Maret 2018 sekitar pukul 05.00 WIB kemarin.

Akibat peristiwa tersebut saat ini kondisi sekolah menjadi mengkhawatirkan.

Dari pantauan wartawan di lapangan, longsor terjadi di bagian ujung tepat di bawah kamar mandi sekolah. Kondisi bangunan sekolah itu menjadi tampak berbahaya, sebab Tembok Penahan Tanah (TPT) sudah hilang tergerus air.

Nikmatullah, Guru Kelas VI SDN Kambangan, mengatakan, kejadian longsor tersebut terjadi pada saat hujan deras mengguyur wilayah Mancak.

“Biasanya di bawah tempat longsor itu suka ada mobil parkir, tapi semalam mah enggak ada,” ujarnya.

Ia menuturkan, adanya longsor ini belum begitu mengganggu kegiatan belajar mengajar. Sebab yang terdampak hanya bagian toilet saja, dimana pipa spitengnya mengalami kerusakan parah. Akibatnya siswa yang ingin menggunakan kamar mandi harus mencari tempat lain sementara.

“Hari ini UTS, dan ruang kelas enggak ada yang rusak, jadi tetap jalan,” katanya.

Lanjut Nikmatullah, menurutnya, memang selama ini daerahnya dikenal rawan longsor dan kejadian longsor juga bukan pertama kali terjadi di desanya.

Jika melihat kondisi lokasi bangunan sekolahnya juga cukup berbahaya karena berada di atas bukit.

“Mungkin susah cari lahan disini. Sudah pernah ngusulin, tapi belum ada,” ucapnya.

Syukur bantuan sudah berdatangan seperti dari Polsek, UPT Pendidikan Mancak, Koramil dan warga sekitar. Ia mengaku pihaknya sudah melakukan rembuk bersama komite, kepala desa dan semuanya menyarankan agar cepat dilakukan perbaikan.

“Hari ini dipasang pondasi langsung, takut ada longsor susulan lagi,” katanya.

Walau demikian aktivitas belajar mengajar siswa pun tetap berjalan seperti biasa. Tampak garis polisi pun sudah terpasang di lokasi longsor tersebut. (*/Dave)

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *