Diusia 17 Tahun, Balawista Masih Minim Perhatian Pemerintah

PANDEGLANG WISATA

PANDEGLANG – Badan Penyelamat Wisata Tirta (Balawista) Banten saat ini sudah masuk diusia 17 tahun, namun diusia dewasa itu Balawista belum mendapatkan perhatian yang serius dari Pemerintah Daerah (Pemda) baik Pandeglang maupun Banten, sehingga untuk kebutuhan sarana kelengkapan Balawista tersebut masih terbatas.

Ketua Balawista Kabupaten Pandeglang yang juga anggota DPRD dari Fraksi Golkar, Muhlas Halim mengatakan, sekarang ini Balawista sudah berusia 17 tahun, pihaknya menginginkan ada perhatian yang serius dari pemerintah kaitan perkembangan Balawista tersebut. Sebab keberadaan Balawista itu merupakan sebagai penunjang bagi kemajuan dan perkembangan wisata di Pandeglang. Apa lagi Bupati Pandeglang, Irna Narita sendiri sedang mengembangkan program wisata bisnis, sehingga tercapainya wisata bisnis itu tentu tidak lepas dari peran Balawista itu sendiri.

“Balawista ini penunjang bagi objek wisata sebagai tim penyelamat. Sehingga Balawista ini sangat penting, karena wisatawan akan merasa nyaman apabila di objek wisata itu ada tim Balawistanya,” ungkap Muhlas saat menghadiri tasyakuran Hari Ulang Tahun (Hut) Balawista Banten ke 17 di salah satu rumah makan di wilayah Kecamatan Carita, Senin (7/5/18)

Kata Muhlas, sejauh ini memang perhatian pemerintah terhadap Balawista masih minim. Maka dari itu, di HUT yang ke 17 ini, dirinya berharap pemerintah dapat memberikan suport anggaran untuk pemenuhan kebutuhan dan perkembangan Balawista tersebut.

“Balawista ini membutuhkan berbagai macam peralatan dalam melakukan aktivitas untuk penyelamatan wisatawan. Makanya harus ada perhatian yang serius dari pihak pemerintah,” katanya

Menurutnya, keberadaan Balawista itu semata-mata untuk memberikan keselamatan dan kenyamanan bagi wisatawan di tiap objek wisata di Pandeglang. Memang kata Muhlas, selama ini Pemda sudah mengetahui dengan keberadaan Balawista tersebut, akan tetapi wujud nyata bentuk perhatian pemerintah itu sendiri kepada Balawista belum ada.

“Makanya kami berharap, jika memang sektor wisata itu menjadi andalan dalam mendongkrak PAD. Maka sarana penunjang keselamatan wisatawan (Tim Balawista) harus lebih diperhatikan juga,” tuturnya

Di tempat yang sama, Ketua Balawista Banten, Ade Ervin menuturkan, di moment HUT Balawista ke 17 tahun ini, pihaknya berharap tim Balawista harus memiliki fasilitas yang mumpuni. Sehingga nantinya bisa memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat khusunya pengunjung objek-objek wisata di Banten ini.

“Selain itu, kami juga berharap kesejahteraan tim Balawista juga perlu diperhatikan oleh pemerintah. Karena peran Balawista dalam meningkatkan wisata itu cukup besar,” ujarnya

Diusia yang sudah masuk dewasa ini kata Ade, pihaknya mengaku kalau Balawista itu sudah siap untuk menyongsong kedepan yang lebih menantang lagi bagi tim Balawista tersebut.

“Tentunya kami punya peran besar dalam membangun daerah dari sektor pariwisata dibidang keselamatan. Makanya kami sangat berharap pemerintah juga bisa memberikan perhatian lebih, mulai dari pemenuhan sarana alat kelengkapan serta kesejahteraan tim Balawistanya,” harap Ade. (Achuy/Riel)

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *