DPD Golkar Cilegon Hadirkan 150 Anggota Saat Verifikasi Faktual oleh KPU

CILEGON POLITIK

CILEGON – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cilegon melakukan verifikasi faktual (Verfak) di sekretariat DPD II Partai Golongan Karya (Golkar) Kota Cilegon, Selasa (30/1/2018).

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cilegon, Fathullah mengungkapkan, bahwa Partai Golkar merupakan Partai yang pertama kali diverifikasi dan dianggap sudah memenuhi syarat yang telah ditentukan oleh KPU Kota Cilegon.

“Di hari pertama, Partai Golkar Kota Cilegon adalah partai yang pertama kali dilakukan verifikasi,” ungkap Fathullah kepada awak media.

Menurutnya, dalam melakukan tahapan Verfak, Partai Golkar sudah berkoordinasi sangat baik dengan KPU dalam memberikan informasi baik secara faktual maupun secara dokumen-dokumen.

lanjut Fathullah, berdasarkan PKPU nomor 5 tahun 2017 tentang proses Verifikasi pasca putusan Makamah Konstitusi (MK), bila partai politik jumlah keanggotaan yang diserahkan ke KPU diatas seribu atau seratus maka jumlah sampel yang akan diverifikasi hanya sebanyak 5 persen.

“Alhamdulillah untuk DPD Partai Golkar Kota Cilegon sudah mau membantu KPU dalam memberikan informasi baik secara faktual maupun secara dokumen dan juga Partai Golkar sudah memenuhi sampel yang diberikan ke KPU sebanyak 5 persen itu,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Fathullah juga menyampaikan bahwa sebanyak 12 partai politik yang sudah terdaftar di parlemen dan semuanya sudah dapat menunjukan KTA beserta identitas kewarganegaraan dan sudah sesuai dengan dokumen yang asli.

“Jadi kita lakukan satu persatu, dan alhamdulillah semuanya sudah dapat menunjukan KTA beserta KTP-nya dan alhamdulillah semuanya sudah sesuai dengan dokumen yang asli,” ungkapnya.

Fathullah juga menyampaikan, bahwa hari ini verifikasi dilakukan bukan hanya di Partai Golkar saja tetapi akan dilakukan juga ke partai lainnya seperti Partai Gerindra dan Partai Demokrat Kota Cilegon.

“Hari ini setelah Partai Golkar yang dilakukan verifikasi akan menyusul juga Partai Gerindra dan Partai Demokrat,” jelasnya.

Sementara itu, ditemui di tempat yang sama Sekretaris DPD Partai Golkar Kota Cilegon, Sutisna Abbas menyampaikan, bahwa pada kegiatan verifikasi tersebut, Partai Golkar mampu menghadirkan anggotanya kurang lebih sebanyak 150 orang.

“Terkait dengan dilakukanya verifikasi faktual oleh KPU Kota Cilegon, alhamdulillah hari ini Partai Golkar mampu menghadirkan kurang lebih sebanyak 150 Kader Partai Golkar Se Kota Cilegon. Dan itu sudah lebih dari 5 persen,” ucapnya.

Sutisna menambahkan, bahwa verifikasi tersebut dilakukan secara terbuka dan tidak ada yang ditutup-tutupi, karena yang hadir sudah memiliki kartu tanda anggota (KTA) dan anggota Partai Golkar secara sampel sudah dipanggil oleh KPU Kota Cilegon.

“Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa proses verifikasi faktual ini, berjalan secara terbuka dan tidak ditutup tutupi,” tandasnya.

Ditempat yang sama Wakil Ketua I DPD II Golkar, Arif Rifa’i Madawi berharap dengan lolosnya Partai Golkar dalam verifikasi faktual, diharapkan bisa dijadikan momentum bersejarah untuk para pengurus dan kader Partai Golkar Cilegon.

Pihaknya juga mengapresiasi langkah yang dilakukan KPU dengan melakukan Verfak kepada seluruh partai.

“Semua diperlakukan sama tidak hanya partai baru, partai lama pun harus mengikuti proses verifikasi. Dan dalam era keterbukaan, semua pengurus dan kader Golkar harus tetap solid dan kesatuan dan persatuan harus tetap terjaga hingga menuju kemenangan di pemilu 2019,” pungkasnya. (*/Asep-Tolet)

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *