Festival Marawis Risma At-Taqwa Tegal Buntu; “Banyak Sholawat Maksiat Minggat”

AL KHAIRIYAH CILEGON KOMUNITAS

CILEGON – Remaja Islam Masjid (Risma) At-Taqwa Lingkungan Tegal Buntu, Kelurahan Tegal Ratu, Kecamatan Ciwandan, menggelar Festival Marawis se-Kota Cilegon, Minggu (27/5/2018), bertempat di halaman Madrasah Ibtida’iyah Al-Khairiyah, Tegal Ratu.

Kegiatan yang mengambil tema ‘Banyak Sholawat, Maksiat Minggat’ itu pun diikuti sebanyak 22 group marawis mulai dari tingkat SD hingga SLTA/Sederajat Se-Kota Cilegon.

Ketua Remaja Islam Masjid (Risma) At-Taqwa, Ahmad Suhayani mengatakan, bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai momentum baik di bulan Ramadhan untuk mengarahkan generasi muda pada kegiatan yang positif, salah satunya melalui Festival Marawis.

“Marawis adalah kesenian Islami yang berisi sholawat, dengan bersholawat kita mendekatkan generasi muda untuk cinta pada Rasul-Nya. Festival ini pertama kali digelar di Kecamatan Ciwandan, dan alhamdulillah terwujud di lingkungan kami,” ucap Yani.

Ketua Pelaksana Kegiatan, Rosihan Anwar menambahkan, bahwa gelaran festival tersebut dipersiapkan hanya dalam waktu satu bulan.

“Persiapan festival sekitar satu bulan. InsyaAllah, kegiatan di tahun depan akan kami gelar lebih meriah,” ujar Rosihan.

Penonton dari kalangan remaja nampak antusias menyaksikan Festival Marawis yang digelar di Madrasah Al-Khairiyah Tegal Buntu ini / Dok

Sementara itu, Ketua DPD Himpunan Marawis Indonesia (HIMI) Kota Cilegon, Hasidi Wow, menyampaikan rasa bangga dan syukurnya dengan diadakannya kegiatan tersebut. Menurutnya, kegiyake seperti ini bisa menjadikan marawis di Kota Cilegon terus berkembang.

“Festival Marawis ini adalah salah satu sarana bersilaturahmi generasi muda dalam rangka mengembangkan marawis yang bertajuk nuansa religi, dan lagu-lagunya pun lagu sholawat,” tuturnya.

“Di momentum Ramadhan ini, merasa sangat bangga dan bersyukur dengan terus berkembangnya marawis di Kota Cilegon. Bukan hanya ini saja, nanti ada kegiatan-kegiatan lomba marawis lainnya di Kota Cilegon,” imbuhnya.

Ia pun berharap bahwa kedepan kegiatan Festival Marawis bukan hanya diadakan di sekolah atau kampus-kampus, tetapi bisa lebih semarak di tempat lain yang lebih terbuka.

“Maka dari itu, ini menjadi PR kita untuk terus mensupport generasi muda untuk melakukan kegiatan positif,” tegasnya.

Hal senada pun diungkapkan tokoh masyarakat Tegal Buntu, Hasan Basri yang turut memberikan apresiasi kepada para remaja yang tergabung dalam Risma karena telah menggelar kegiatan Festival Marawis tersebut.

“Ini kegiatan yang positif, sehingga anak-anak muda terhindar dari segala kegiatan negatif seperti narkoba, minuman keras dan lainnya,” singkatnya. (*/Asep-Tolet)

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *