Final Liga Champions Malam Nanti; Madrid Vs Liverpool, Ini Prediksinya

OLAHRAGA

KIEV – Real Madrid dan Liverpool akan bertarung di NSC Olimpiyskiy Stadium, Kiev, dalam partai final Liga Champions 2017/18, Minggu (27/5/2018) dinihari nanti. Rencananya laga pamungkas dan panas ini akan disiarkan langsung oleh SCTV mulai pukul 01.30 WIB.

Kedua tim akan saling memperebutkan supremasi tertinggi di kancah sepakbola antarklub Eropa. Madrid, yang kini sudah memegang rekor 12 gelar dan merupakan juara di dua musim terakhir, mengincar hat-trick gelar. Sementara itu, Liverpool menatap gelar mereka yang keenam.

Laga final ini dipredikasi akan berjalan seru, karena mempertemukan antara dua tim dengan karakater sepakbola ofensif. Liverpool racikan Jurgen Klopp
merupakan top scorer turnamen dengan torehan 40 golnya, sedangkan Madrid besutan Zinedine Zidane telah mengukir 30 gol dari fase grup hingga semifinal.

Di kubu juara bertahan, tumpuan utama serangan mereka tentu saja Cristiano Ronaldo. Raja gol Liga Champions itu memimpin daftar top scorer sementara kompetisi musim ini dengan lesakan 15 golnya. Menguntit di belakangnya adalah trisula Si Merah, yakni Mohamed Salah (10 gol), Roberto Firmino (10 gol) dan Sadio Mane (9 gol).

Madrid dan Liverpool sama-sama tim yang memiliki serangan mematikan, tapi mereka juga sama-sama memiliki pertahanan yang rawan untuk kebobolan. Sejauh ini Madrid sudah kebobolan 15 gol, sedangkan Liverpool 13. Rata-ratanya satu koma sekian per laga.

Bicara soal pengalaman, Madrid jelas lebih unggul. Final musim ini adalah final keempat Madrid dalam lima musim terakhir dan juara pada edisi 2013/14, 2015/16 dan 2016/17. Liverpool terakhir kali tampil di final Liga Champions adalah pada musim 2006/07 silam, di mana mereka kalah 1-2 melawan AC Milan.

Dari sisi pelatih, bisa dibilang seimbang. Zidane belum pernah bertemu Klopp maupun Liverpool sebelumnya, tapi dia sudah berpengalaman membawa Madrid meraih dua gelar di kompetisi elit ini. Sementara itu, Klopp belum pernah menjuarai Liga Champions, tapi berpengalaman mengalahkan Madrid ketika masih melatih Borussia Dortmund. Itu termasuk menyingkirkan Madrid di semifinal 2012/2013, sebelum dikalahkan Bayern Munchen di final.

Untuk posisi penjaga gawang, Keylor Navas
dan Loris Karius bisa dikatakan selevel. Namun untuk lini tengah, Madrid punya keunggulan. Di atas kertas, Toni Kroos, Casemiro dan Luka Modric berada setingkat di atas trio gelandang Liverpool yang kemungkinan diisi James Milner, Jordan Henderson dan Georgino Wijnaldum.

Meski Madrid unggul di lini tengah dan pengalaman. Liverpool lebih baik dalam performa keseluruhan mereka di Liga Champions musim ini, dengan penampilan di perempat final dan semifinal yang lebih impresif dibandingkan Madrid.

Tentu sulit memprediksi hasil dari laga ini. Keduanya sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Siapa yang paling mampu mengeksploitasi kelemahan lawannya, itulah yang bakal keluar sebagai pemenang dan berhak meraih trofi Champions musim ini.

Perkiraan Pemain

Madrid (4-3-1-2): Navas; Marcelo, Ramos, Varane, Carvajal; Kroos, Casemiro, Modric; Isco; Ronaldo, Benzema.

Liverpool (4-3-3): Karius; Robertson, Van Dijk, Lovren, Alexander-Arnold; Milner, Henderson, Wijnaldum; Mane, Firmino, Salah.

5 Pertemuan Terakhir
05-11-2014 Madrid 1-0 Liverpool (UCL)
23-10-2014 Liverpool 0-3 Madrid (UCL)
11-03-2009 Liverpool 4-0 Madrid (UCL)
26-02-2009 Madrid 0-1 Liverpool (UCL)
27-05-1981 Liverpool 1-0 Madrid (UCL)

Prediksi Skor

Duel antara Marcelo vs Mohamed Salah diprediksi bakal berpengaruh terhadap hasil akhir laga. Marcelo dianggap sebagai salah satu titik celah di pertahanan Madrid. Bek kiri Brasil itu adalah bek sayap berjiwa ofensif, yang kadang lupa dengan tugasnya bertahan.

Melawan tim seperti Liverpool, Marcelo tak boleh gegabah. Pasalnya, di sektor kanan serangan Liverpool, ada Mohamed Salah yang gesit dan agresif.

Sejumlah reporter UEFA.com bahkan beranggapan bahwa inilah key battle dalam final nanti. Jika Marcelo menampilkan permainan terbaik dan mampu mematikan Salah, Madrid menang. Jika Marcelo membiarkan Salah merajalela, Madrid akan berada dalam masalah besar.

Final ini juga diprediksi bakal menyajikan banyak gol. Minimal empat gol bakal tercipta. Dari jajak pendapat di salah satu situs penyedia statistik terkemuka, dua prediksi skor berikut inilah yang berada di dua teratas. Liverpool menang 3-2 (23,23%), atau Madrid menang 3-1 (17,17%).

Bagaimana prediksi kawan fakta? (*/Ilung)

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *