Google Menetapkan Yerusalem Sebagai Ibukota Isreal Tanpa Deklarasi

FAKTA BANTEN – Dunia internasional merespon negatif terhadap langkah Presiden AS Donald Trump yang mendeklarasikan Yerusalem sebagai ibukota Israel. Namun banyak yang tidak menyadari dalam peta dunia yang dibuat Google dan ensikploedia bebas Wikipedia, Yerusalem sudah menjadi ibukota Israel tanpa pernah ada deklarasi dan entah sudah ada yang memprotes pihak Google dan Wikipedia atau belum.

Kenyataan bahwa di laman Google dan Wikipedia, mungkin juga di banyak laman lain sudah disebutkan Yerusalem sebagai ibukota Israel, membuat penulis buku pelajaran IPS tingkat SD merasa sudah benar mencantumkan Yerusalem sebagai ibukota Israel. Ironisnya tak ada satupun pihak yang memprotes pencantuman tersebut, padahal buku tersebut diterbitkan penerbit Yudhistira sejak tahun 2008. Barangkali karena buku pelajaran SD, tak banyak yang memperhatikan, sementara yang mengetahui kurang memahami masalah Yerusalem, Israel dan Palestina. Akibatnya masalah tersebut baru bisa diketahui sekarang.

Untuk menghindari terulangnya peristiwa tersebut, perlu dimulai langkah yang bisa dilakukan semua orang untuk mengoreksi kesalahan yang terjadi. Sebagai langkah kongkret, setiap orang bisa memberikan masukan kepada Google dan Wikipedia terkait masalah tersebut. Untuk memberi masukan kepada Google, langkah-langkah yang bisa ditempuh adalah sebagai berikut:

Menemukan Israel melalui Google

Ketik “Israel” di kolom pencarian Google, maka akan keluar informasi tentang Israel seperti gambar berikut:

Memberi masukan

Tarik krusor ke bawah kotak informasi tentang Israel sehingga tampak ada tulisan masukan.

Memilih masukan

Klik masukan, maka akan muncul pilihan informasi mana yang hendak Anda beri masukan, misalnya klik ibukota.

Mengisi masukan

Isi masukan sesuai dengan apa yang Anda pahami tentang Israel.

Melaporkan masalah hukum

Jika menurut Anda masukannya terkait masalah hukum, maka pada pada gambar sebelumnya klik “buat permintaan penghapusan hukum” nanti akan muncul gambar ini, tinggal diisi sesuai pemahaman Anda.

Langkah yang sama bisa Anda lakukan pada Wikipedia dan laman-laman lain yang menyebutkan Yerusalem sebagai ibukota Israel. Selamat Berjuang.

Sumber : kanigoro.com