Jalankan Transformasi Digital, Krakatau Bandar Samudera Implementasikan SAP S/4HANA

CILEGON HEADLINE INDUSTRI

CILEGON – Anak Perusahaan Krakatau Steel di bidang jasa kepelabuhanan, PT Krakatau Bandar Samudera (KBS) melakukan transformasi digital dengan mengadaptasi sistem informasi manajemen terintegrasi dengan platform System Application and Product in data processing (SAP) S/4HANA.

Untuk transformasi digital ini, KBS menggandeng PT Krakatau Information and Technologi (IT) yang juga anak usaha dari Krakatau Steel. Platform yang diimplementasikan untuk sistem informasi manajemen di KBS ini, diketahui menggunakan versi terakhir yang diluncurkan yakni SAP S/4HANA ver.1709.

Implementasi sistem SAP S/4HANA telah dimulai dan ditandai dengan ceremony ‘go live’ pada Rabu (9/1/2019), yang turut dihadiri Direktur Utama PT KBS, Alugoro Mulyowahyudi, dan juga Dirut PT Krakatau IT, Amirul Mu’tamar.

Pemotongan tumpeng oleh Dirut KBS, Alugoro Mulyowahyudi, menandai dimulainya implementasi SAP S/4HANA / Dok

Dirut PT KBS, Alugoro Mulyowahyudi, menegaskan, untuk memenuhi kebutuhan transformasi digital, perusahaan memerlukan solusi dan layanan yang tepat, guna mendukung kontrol proses bisnis secara real time dan akurat.

“Penerapan teknologi manajemen informasi ini diharapkan mampu lebih efisien, dalam biaya operasional, serta proses administrasi yang memakan waktu dan biaya,” tutur Alugoro.

Selain itu menurut Alugoro, sistem ini sejalan dengan tujuan perusahaan atas penerapan teknologi canggih untuk meningkatkan efisiensi operasional serta pelayanan ke pelanggan.

“Kita juga sudah punya aplikasi POCIS untuk pelayanan kepada customer, dan sistem ini juga sekarang terintegrasi dengan SAP, sehingga bisa lebih meningkatkan kualitas pelayanan,” imbuhnya.

Sedangkan Direktur SDM dan Keuangan PT KBS, Nandang Heryawan menyebutkan, KBS sebagai perusahaan besar sudah saatnya menerapkan teknologi canggih untuk meningkatkan efisiensi operasional serta pelayanan kepada customer.

“Ada tiga keunggulan, dari sisi proses lebih cepat, dari segi kontrol yang tadinya sentralistik jadi desentralisasi, dan bisa mencegah terjadinya kecurangan. Termasuk output dari sistem ini juga bisa memperingkas pengambilan keputusan,” ungkap Nandang kepada wartawan.

Dengan sistem manajemen berbasis digital ini, Nandang menegaskan KBS semakin percaya diri untuk menjalankan bisnisnya kedepan.

“Program ini akan mampu meningkatkan value KBS kedepannya, terlebih saat ini akan banyak sekali corporate action yang akan dilakukan,” tegas Nandang.

Nandang juga mengapresiasi atas kinerja Krakatau IT yang telah mendukung implementasi sistem SAP S/4HANA di perusahaan kepelabuhanan ini.

“Berkat dukungan teman-teman dari Krakatau IT yang sudah berpengalaman dalam mengimplementasikan SAP di Indonesia, kita bisa lebih cepat dalam uji coba, terbukti hanya satu malam kita melakukan testing. KBS cukup puas dan cukup terbantu dengan perubahan sistem, yang dibangun oleh Krakatau IT ini,” pungkasnya.

Sementara Direktur Utama PT Krakatau IT, Amirul Mu’tamar, mengatakan, perusahaannya memposisikan diri sebagai mitra bagi KBS dalam melaksanakan transformasi digital dengan menawarkan solusi bisnis berbasis TI yang fokus kepada penyederhanaan proses bisnis (simplify), akurasi laporan dan pelacakan (tracing and control), terintegrasi (integrated) dan kemudahan implementasi (ready).

Dijelaskannya, SAP S/4HANA mencakup seluruh bagian perusahaan secara terintegrasi mulai dari pembuatan anggaran, manajemen proyek, manajemen pembelian, manajemen penjualan, manajemen perawatan (asset maintenance), manajemen inventory hingga pencatatan akuntansi dan keuangan.

“Sistem ini dari ujung ke ujung, mencakup semuanya. Secara audit sangat bagus. SAP ini bisa diterapkan sampai ke unit-unit kerja sehingga data yang akurat dapat diakses secara real-time,” ungkap Amirul.

Amirul juga menegaskan bahwa Krakatau IT telah sukses melakukan implementasi SAP sejak lama di sejumlah industri, dan memiliki lisensi yang diakui.

“Kita sudah berpengalaman dan lebih dari 10 tahun melakukan implementasi SAP. Dimulai dari 2008 di Krakatau Steel, kemudian di PT KHI, PT Latinusa, PT KNSS, dan di KBS ini. Selain di Krakatau Steel Grup, kami juga bekerjasama dengan perusahaan di eksternal,” tegasnya.

Diketahui juga SAP S/4HANA ini juga memiliki teknologi canggih Fiori yang memungkinan pengguna melakukan transaksi dimana saja, kapan saja, dengan apa saja. Sebab Fiori bisa diakses melalui perangkat mobile (HP atau tablet). Fitur seperti approval dan analytic report membantu level manajer mengontrol perusahaan secara real time. (*/Red)

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *