Jelang Natal dan Tahun Baru, Harga Bahan Pangan di Pasar Masih Normal

SERANG – Jelang natal dan tahun baru, Kementerian Perdagangan (Kemendag) Republik Indonesia melakukan inspeksi mendadak harga bahan makanan di Pasar Induk Rau (PIR) Kota Serang, Kamis (7/12/2017).

Sidak harga pasar di Pasar Induk Rau dipimpin Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri, Kemendag Tjahya Widayanti beserta Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), Babar Suarso.

Hasil sidak yang dilakukan sekitar pukul 07.00 pagi tadi, Dirjen Perdagangan Dalam Negeri tidak melihat adanya gejolak harga terutama untuk beberapa bahan kebutuhan pokok.

Dalam konfrensi pers, Kepala Disperindag Provinsi Banten, Babar Suarso mengatakan, saat ini untuk harga dan stok barang di Pasar Induk Rau masih stabil.

“Pantauan secara umum, harga bahan pokok tidak ada yang mengalami gejolak harga, hanya beberapa saja komoditas masih yang perlu ditindaklanjuti dan diklarifikasi di lapangan,” ujarnya.

Meskipun saat ini harga di pasaran masih dalam kisaran normal, potensi kenaikan harga di bulan ini tetap ada.

“Ada tradisi panjang mulud di Banten, ada lonjakan permintaan tinggi tapi sudah kita antisipasi,” imbuhnya.

Mengantisipasi hal tersebut, Kementrian dan pihak Pemerintah Provinsi Banten telah menentukan langkah antisipasi, bekerjasama dengan Bulog untuk menjamin kesediaan stok dan operasi pasar.

Berkaitan dengan operasi pasar Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kemendag Tjahya Widayanti, meminta agar pihak Bulog tidak melakukan OP tersebut di depan pasar.

“Operasi pasar tidak dilakukan di depan pasar,” ujarnya usai Rakor, Kamis (7/12/2017). (*/Yosep)