Jenis Penyakit Jantung Ini Rentan Intai Anak Muda

KESEHATAN NASIONAL

FAKTA BANTEN – Beralihnya pola hidup saat ini, membuat beragam penyakit rentan mengintai, termasuk penyakit jantung. Bahkan, tak sedikit mereka yang masuk di kelompok usia produktif, kian diintai oleh penyakit jantung.

Dikatakan Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah Konsultan Kardiologi Intervensi, dr. Johan Winata, Sp, JP (K) FIHA, mulai dari usia 30 tahun ke atas sudah sangat rentan diintai penyakit jantung.

Mengingat, pola hidup yang dijalani masyarakat saat ini menjadi faktor yang berisiko tinggi terhadap kesehatan jantung. Salah satu jenis penyakit jantung yang rentan timbul dan bermasalah di usia muda yaitu jenis aritmia. Kondisi jantung dengan aritmia yaitu saat detak atau irama jantung sudah tidak lagi normal.

“Pada anak muda, penyakit aritmia lebih banyak dibanding penyakit jantung koroner. Paling banyak pengidapnya berusia di bawah 35 tahun,” kata dokter Johan ditemui di kawasan Sudirman, belum lama ini.

Artimia biasanya ditandai dengan kelainan bentuk pada otot jantung. Dikatakan dokter Johan, otot jantung cenderung kian menebal dan memicu gangguan pada irama jantung.

“Yang seharusnya otot enggak tebal, karena kelainan, menjadi tebal. Kondisi ini juga disebut hipertrofi kardiomiopati,” kata dia. Irama jantung tak beraturan ini, memiliki dua jenis yaitu jinak dan ganas. Di mana, kelompok aritmia ganas tak segan langsung membuat pengidapnya alami kematian.

“Karena penyebab dari penebalan otot jantung ini belum diketahui, biasanya genetik, maka penting untuk rutin medical check up. Bisa dengan hanya pemeriksaan rekam jantung biasa, penebalan otot jantung sudah terdeteksi dan bisa cegah aritmia,” tuturnya. (*/Viva)

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *