Kalahkan Belgia, Prancis ke Final

INTERNASIONAL OLAHRAGA

FAKTA BANTEN – Timnas Prancis berhasil melaju ke grand final Piala Dunia 2018, setelah mengkandaskan Belgia dengan skor tipis 1-0, pada babak semifinal di Stadion Saint Petersburg, Moskow, Rabu (11/7/2018) dinihari pukul 01.00 WIB.

Gol semata wayang kemenangan Prancis atas Belgia diciptakan melalui tandukan Samuel Umtiti pada menit (51′).

Pada jalannya laga, kedua tim bermain dalam ritme sedang, tampak masih berhati-hati dengan aliran bola melalui umpan-umpan pendek terukur.
Namun memasuki sepuluh menit pertama laga, Belgia mulai mendominasi dan lebih agresif dengan serangkaian serangan melalui kedua sisi sayap. Sementara Prancis lebih memanfaatkan momentum untuk melakukan serangan balik cepat akselerasi Kylian Mbappe.

Peluang pertama untuk Belgia pun datang dari Eden Hazard pada menit ke-15, setelah melakukan kerja sama dengan Kevin De Bruyne. Hanya, sepakan Hazard masih menyamping dari gawang Prancis yang dikawal Hugo Lloris.

Dua menit setelahnya, Prancis membalas dengan tembakan spekulatif Blaise Matuidi. Akan tetapi kiper tim beralias Rode Duivels Thibaut Courtois, sigap menangkap bola.

Pada menit ke-20, Lloris melakukan penyelamatan gemilang dengan menepis usaha bek Belgia Toby Alderweireld, yang melakukan tendangan keras dengan kaki kiri.

Menit ke-40 Benjamin Pavard bisa saja membuat Prancis unggul, akan tetapi tendangan yang ia lepaskan pasca menerima umpan terobos Mbappe masih bisa dihalau kaki Courtois.

Berjalannya laga mulai panas dengan silih bergantinya serangan dan upaya mencetak gol. Tapi hingga wasit Andres Cunha menutup laga babak pertama belum ada gol yang tercipta.

Memasuki babak kedua, giliran Prancis yang langsung melakukan serangan. Dan hanya enam menit Samuel Umtiti mencetak gol yang membawa Prancis unggul 1-0. Bermula dari sepak pojok yang didapatkan Tim Ayam Jantan, bek FC Barcelona itu memenangkan duel udara dengan Fellaini, tandukannya membuat bola melesak ke gawang Belgia.

Dengan keunggulan tersebut, pemain Prancis terlihat lebih tenang dan permainannya semakin hidup.
Disis lain, Belgia yang dalam posisi tertinggal terlihat semakin terbebani dan bermain lebih tergesa-gesa untuk bisa segera bisa membalas ketinggalan.

Belgia terus berusaha untuk menghasilkan gol penyeimbang. Akan tetapi, banyaknya serangan yang dilakuakan selalu kandas oleh barisan pertahanan Prancis yang melakukan pressing ketat. Beberapa peluang yang didapatkan pun belum bisa dimaksimalkan menjadi gol.

Hingga akhir babak kedua Belgia tak kunjung mampu membalas gol. Prancis pun menang 1-0 dan melangkah ke final sejak kali terahir Piala Dunia 2006, saat itu Prancis dikalahkan Italia yang keluar sebagai juara.

Prancis akan menantang pemenang antara semifinalis Inggris atau Kroasia yang baru akan bermain besok. (*/Ilung)

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *