Kota Tangerang Sediakan Bus Wisata untuk City Tour

TANGERANG WISATA

Tengerang – Kantor Dinas Budaya, Pariwisata dan Pertamanan Kota Tangerang berencana menyiapkan bus wisata yang akan membawa pelancong menikmati berbagai sudut kota. Bus wisata ini didesain terbuka sehingga penumpang leluasa menebarkan pandangan.

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah mengatakan sudah banyak kota-kota besar di Indonesia melirik program city tour menggunakan bus terbuka. Program ini memang menjadi atraksi wisata yang menarik untuk ditawarkan. “Apalagi (untuk) kota Tangerang memiliki berbagai spot wisata yang lengkap, mulai dari taman kota, wisata sejarah, wisata religi dan wisata belanja,” kata dia di Tangerang, Senin, 1/7.

Beberapa kota yang telah mengoperasikan bus wisata terbuka ini, atara lain, Surakarta (Solo) dan Bandung. Di Jakarta juga sudah tersedia, namun dengan bus biasa (tidak terbuka).Pemandangan Kota Solo dari lantai dua Bus tingkat wisata melintas di kawasan Jalan Slamet Riyadi, Solo, Jawa Tengah. TEMPO/Subekti

Oleh karena itu pemerintah akan memanfaatkan bus-bus Trans Tangerang yang sudah tidak beroperasi untuk disulap menjadi bus wisata. Bus-bus tersebut dulu melayani rutea Tangerang-Kali Deres dan berakhir di Taman Anggrek

ADVERTISEMENT

Namun karena ada peraturan Gubernur DKI yang membatasi rutenya cuma sampai Kalideres, pengelolanya kebaratan dan memilih menghentikan sama sekali. “Kita akan mengoptimalkan bus tersebut menjadi bus wisata,” kata Arief.

Bus wisata tersebut nanti akan melayani rute dari Taman Potret-Taman Gajah-Kampung Bekelir-Masjid Agung-Jembatan Berendeng dan lanjut ke Masjid Raya Al-‘Azhom. “Kemudian balik lagi ke Taman Potret.”

Tingkat kunjungan ke kota Tangerang dari tahun ke tahun menurut data Dinas Budaya, Pariwisata dan Pertamanan mengalami peningkatan 20 persen. Pada tahun 2017 total ada kunjungan 1.088.747. Lalu tahun ini hingga Mei 2018 sudah ada 443.153 wisatawan yang berkunjung.

“Dan ini akan terus bertambah,” ujar Kabid Pariwisata Rizal Ridholloh. (*/Antara)

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *