Liga Champions; Ketajaman AS Monaco Menguji Kekokohan Juventus

OLAHRAGA

MONACO – Setelah sukses membuat raksasa Spanyol, Barcelona mandul di babak sebelumnya. Kini kokohnya pertahanan Juventus akan diuji oleh tim ‘kuda hitam’ As Monaco, pasa laga semifinal leg pertama Liga Champios dini hari nanti. Laga ini rencananya akan disiarkan live oleh SCTV pukul 01.45 WIB.

Monaco dengan sepakbola offensifnya yang begitu cemerlang akan lebih dulu menjamu Juventus yang lini pertahanannya sangat solid khas Italia di markas Stade Louis II.

Sejauh ini Monaco sampai di babak semifinal setelah menyingkirkan Manchester City dan Borussia Dortmund di fase knockout. Pasukan Leonardo Jardim mencetak masing-masing enam gol ke gawang City dan Dortmund. Serangan mereka begitu mengagumkan. Namun, pertahanannya terbilang mengkhawatirkan.

Dengan mencetak 12 gol di fase knockout, Monaco juga kebobolan sembilan gol. Ini bisa jadi masalah bagi Monaco saat mengahadapi Juventus. Pasalnya, Juventus berada di level yang berbeda dibandingkan City maupun Dortmund.

Tim yang hampir meraih scudetto Seri A Italia ini lebih komplit. Selain solid di belakang, pasukan Massimiliano Allegri juga memiliki lini depan yang tajam. Porto dan Barcelona mereka singkirkan masing-masing dengan agregat 3-0. Juventus pun baru kebobolan dua gol di Liga Champions musim ini, dan dua gol tersebut semuanya lahir di fase grup.

Tak salah jika para pengamat bola dunia lebih memfavoritkan Juve ketimbang Monaco. Salah satu alasannya adalah karena tim sekuat Barcelona saja tak mampu meruntuhkan pertahanan tangguh dan meredam serangan mematikan ‘La Vecchia Signora’ julukan Juventus.

Selain itu, sejarah juga berpihak pada Juventus. Tercatat, Juventus sudah dua kali menyingkirkan Monaco di ajang Liga Champions. Yang pertama adalah dengan agregat 6-4 di semifinal 1997/98, dan terakhir adalah dengan agregat 1-0 di perempat final 2014/15.

Namun, Monaco tentunya bertekad melakukan pembalasan. Apalagi Monaco sekarang terbilang bertambah kuat, tapi Juventus juga demikian. Determinasi Gianluigi Buffon dan kawan-kawan untuk kembali melewati Monaco serta meraih prestasi tertinggi di Liga Champions musim ini pun tak perlu diragukan lagi.

Radamel Falcao dan Mbappe yang sudah mencetak sepuluh gol untuk Monaco di Liga Champions musim ini bakal jadi andalan utama di lini depan dalam skema 4-4-2 racikan Jardim. Sedangkan di kubu Juventus, Paulo Dybala adalah jaminan starter. Empat gol telah dicetak Dybala di Liga Champions musim ini, termasuk dua gol yang menyingkirkan Barcelona di babak sebelumnya. Allegri tak bisa memainkan Sami Khedira yang harus menjalani skorsing. Posisinya sepertinya akan diambil alih Claudio Marchisio.

Perkiraan Susunan Pemain
AS Monaco (4-4-2): Subasic; Mendy, Glik, Jemerson, Dirar; Lemar, Bakayoko, Moutinho, Silva; Falcao, Mbappe.
Pelatih: Leonardo Jardim

Juventus (4-2-3-1): Buffon; Sandro, Chiellini, Bonucci, Alves; Marchisio, Pjanic; Mandzukic, Dybala, Cuadrado; Higuain.
Pelatih: Massimiliano Allegri

Head To Head
22-04-2015 Monaco 0-0 Juventus (UCL)
14-04-2015 Juventus 1-0 Monaco (UCL)
15-04-1998 Monaco 3-2 Juventus (UCL)
01-04-1998 Juventus 4-1 Monaco (UCL).

Prediksi Skor:
Bagi Juve, laga kontra Monaco ini adalah sebuah tantangan yang sama beratnya dengan Barcelona. Alasannya tentu saja serangan Monaco yang tajam dan cepat sangat berbahaya.

Namun, setelah menumpulkan sekaligus menghabisi sang raksasa Catalan, Juventus jelas punya modal dan kepercayaan diri yang tinggi untuk melewati Monaco dan menghadapi Real Madrid atau Atletico Madrid di final nanti.

Sebagai kandidat juara musim ini, kekuatan Juventus dibilang paling komplit dibandingkan tiga semifinalis lainnya.

Mungkin tidak salah jika kita memprediksi skor akhir 1-2 untuk kemenangan Juventus. (*)

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *