Lihat Apa yang Dilakukan Pemuda Kampung Ini di Hari Jadi ‘Gank’-nya

PANDEGLANG – Karim (25) pemuda asal Kampung Cikadu Desa Tanjungjaya, Kecamatan Panimbang, Pandeglang, melakukan hal yang berbeda di hari jadi kelompok pemuda pecinta alamnya, Sabtu (12/8/2017).

Bukan melakukan pesta atau pendakian seperti yang banyak dilakukan para kelompok pecinta alam lainnya, Karim dan beberapa teman sepergaulan di kampungnya memilih melakukan hal positif dengan melakukan kegiatan bersih-bersih sungai di aliran hulu Sungai Cijedang.

Kegiatan bebersih lingkungan suatu perwujudan bakti dalam memperingati hari jadi Himpunan Pemuda Pecinta Alam. Kegiatan ini juga merupakan bentuk aplikasi dari tujuan dibentuknya HIPPA Alam, untuk bisa berpartisipasi dalam menjaga dan melestarikan, serta mengurangi perusakan alam.

Tak hanya Karim, kepeduliannya dalam menjaga alam juga diikuti becek, Kacong, Utek, Anton dan Nisa yang tergabung dalam Himpunan Pemuda Pecinta Alam.

Dikatakan Karim, kegiatan tersebut merupakan bentuk kepeduliannya terhadap alam terutama Sungai Cijedang yang memiliki kenangan tersendiri bagi dirinya.

“Dulu waktu kecil kami sering main, berenang disini, ikannya juga banyak airnya jernih dan dalam,” ujarnya kepada faktabanten.co.id, Sabtu (12/8/2017).

Kegiatan tersebut menurut Karim sebagai langkah awal untuk kembali membangun Cikadu sebagai kampung wisata yang dulu sempat tenar.

Sungai Cijedang merupakan aliran air yang membelah sisi Kampung Desa Wisata Cikadu. Sementara Kampung Cikadu adalah salah satu atraksi wisata yang ditawarkan Tanjung Lesung di eranya sekitar tahun 2000-an.

Sementara Anggota HIPPA Alam lainya, Utek menambahkan, kegiatan ‘bebersih’ tersebut adalah bagian dari bakti mereka terhadap kampung halaman dan juga mengisi waktu senggang.

“Kami cuma sedikit memberikan dedikasi kami untuk Kampung Cikadu,” ujar pemuda yang akrab di sapa Utek ini.

Ditambahkan Ketua Himpunan Pemuda Pecinta Alam, yang biasa disapa Becek ini mengungkapkan kegiatan ini adalah hal sederhana yang bisa dilakukan oleh mereka (HIPPA Alam).

“Kami hanya bisa sedikit berbuat untuk lingkungan tersebut, hanya bisa melakukan hal-hal kecil dengan harapan agar masyarakat bisa sedikit mengurangi pembuangan sampah ke sungai,” ujarnya. (*)