Melihat Aktivitas CSR PT Krakatau Posco dan KPSE di Bulan Ramadhan

CILEGON HEADLINE INDUSTRI

CILEGON – PT Krakatau Posco dan PT KPSE Services Indonesia selaku anak perusahaan yang menjalani bidang pemberdayaan masyarakat atau CSR, terus memberikan kontribusi bagi masyarakat Kota Cilegon.

Tak hanya program pemberdayaan yang dilakukan dalam aktivitasnya, di bulan Ramadhan ini, mereka juga melakukan beragam kegiatan. Diantaranya, pendistribusian sembilan bahan pokok (sembako), santunan anak yatim dan dhuafa, pemberian Al-Qur’an, bantuan acara Tarawih Berkunjung atau Tarjung.

Kegiatan tersebut diberikan di dua Kecamatan yaitu Kecamatan Ciwandan dan Citangkil. Penerima bantuannya ialah Yayasan Jangkar, Sanggar Wuni Kreasi, Karang Taruna Tegalratu, Karang Taruna Samangraya, Karang Taruna Deringo, Kelurahan Tegalratu, Kelurahan Samangraya dan Kelurahan Kubangsari. Program ini sudah menjadi program rutin yang dilaksanakan setiap bulan Ramadhan. Selain itu, mereka juga kerap melakukan buka puasa bersama baik di masyarakat langsung maupun di perusahaan.

Andi Soko, selaku Direktur HR dan GA PT Krakatau Posco saat buka puasa bersama dengan anak yatim dan dhuafa Jum’at (8/6/2018) lalu, mengatakan, program ini kita lakukan sebagai kontribusi perusahaan kami dalam memberdayakan masyarakat. Bulan Ramadhan menjadi ajang silaturahmi antara perusahaan dengan warga sekitar.

Kami mengundang elemen masyarakat, baik pemudanya, tokohnya, dan beberapa organisasi untuk buka puasa bersama dan berbagi kepada anak yatim dan dhuafa supaya silaturahmi kita terjaga.

“Kami mohon doanya, agar perusahaan kami berjalan sesuai dengan apa yang kita harapkan. Sehingga, kebermanfaatan kepada warga sekitar juga terus terlaksana,” ujar Andi Soko.

Senada dengan Andi Soko, dikatakan Direktur KPSE Services Indonesia, Dewi Handayani Dena, dalam pelaksanaan program CSR, KPSE melakukan pendekatan ke masyarakat. Ada beragam program yang telah dilaksanakan baik pembinaan jangka panjang maupun filantropi (jangka pendek). Ramadhan ini merupakan kegiatan CSR dari perusahaan kami. Bantuan sembako, Al-Qur’an dan santunan kepada anak yatim dan dhuafa kami lakukan sebagai kepedulian kami terhadap warga sekitar.

“Momentum Ramdhan ini kami gunakan untuk mendekatkan perusahaan dengan masyarakat sekitar. Kami hadir sebagai bentuk kepedulian. Agar asas kebermanfaatan perusahaan dapat dirasakan,” ungkapnya.

Track Record CSR Krakatau Posco dan KPSE

Meski perusahaan yang tak tergolong lama, mereka sudah banyak membuat program-program berkelanjutan. Terdapat 3 kelurahan yaitu Samangraya, Kelurahan Kubangsari dan Kelurahan Tegalratu yang ini intens dilakukan pembinaan.

Di Kelurahan Samangraya terdapat Rumah Peradaban Banten yang menjadi binaan CSR PT Krakatau Posco dan KPSE. Setiap Minggunya, aktif memberikan kursus bahasa inggris gratis bagi anak-anak Sekolah Dasar (SD). Di Kelurahan Kubangsari, tepatnya di Lingkungan Pintu Air, mereka membina Ibu-ibu Kelompok Wanita Tani (KWT) Asoka. KWT ini sudah beberapa kali melakukan panen dan menghasilkan beberapa produk olahan makanan. Seperti bolu sawi, es cream sawi dan olahan lainnya yang terbuat dari sayuran. Saat ini, KWT di Pintu Air akan merambah ke program Bank Sampah.

Di Kelurahan Tegalratu, terdapat Sanggar Wuni Kreasi (SWK) dengan program berkelanjutan. Ada Bank Sampah, Tahfiz Qur’an, Kesenian dan Kerajinan. SWK dijalankan oleh para pemuda di Lingkungan Kubang Saron yang berkeinginan untuk memajuk SDM di kampungnya.

Selain itu, Yati Kubang Saron (YKS) jug aktif dibina. Memproduksi makanan olahan seperti kue kering, kue basah dan catering. Hingga saat ini, YKS banyak memproduksi Inovasi – inovasi makanan lainnya. Seperti kripik pare, pisang nuget dan kripik cokelat.

Pada tahun 2017, PT KPSE Service Indonesia pernah mendapatkan penghargaan dari Badan Koordinasi Penanaman Modal sebagai perusahaan yang peduli kepada masyarakat melalui program Coorporate Social Responsibilities (CSR). (*/ADV/Cholis)

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *