Menengok Keseruan Festival Bedol Bendungan Pamarayan

SERANG – Sengatan terik matahari tidak menghalangi bagi ribuan warga untuk menonton dan turut berburu ikan di Festival Bedol Bendungan Pamarayan yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Serang, Kamis (12/10/2017).

Keseruan masyarakat berburu ikan di Bendungan Pamarayan juga diikuti Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah dan jajaran SKPD-nya.

Dengan menggunakan alat tangkap dan tangan kosong, masyarakat sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut.

Bedol Bendungan Pamarayan termasuk salah satu festival yang diadakan oleh Pemkab Serang untuk memancing animo masyarakat dan sebagai hiburan rakyat dalam rangka Hari Jadi Kabupaten Serang ke-491.

Dikatakan Bupati Ratu Tatu Chasanah, setiap tahun ada dua festival diselenggarakan di tempat tersebut, diantaranya festival Beduk Pamarayan dengan acara Bedolan Bendung Pamarayan.

Selain masyarakat lokal festival tersebut juga menargetkan wisatawan dari dalam dan mancanegara.

“Bila kita ingin mendorong wisata Kabupaten Serang lebih maju maka masyarakat harus lebih maju dan sangat siap menerima tamu semua harus ramah,” ujarnya.

Tatu mengatakan masyarakat harus bisa menjamu tamu dengan baik, selain itu etika atau cara menyambut tamu harus mencerminkan sebagai tuan rumah kita harus membuat nyaman kepada para tamu.

“Mudah-mudahan dengan bangkitnya wisata Kabupaten Serang otomatis akan mendorong seni di Kabupaten Serang yang banyak sekali,” katanya.

Lanjut Tatu menghimbau kepada masyarakat agar kemudian yang tidak kalah penting adalah kebersihan.

Ditegaskan Tatu, kalau masyarakat Kabupaten Serang dikenal jorok maka wisatawan tidak ingin ke sini karena syarat yang penting untuk daerah wisata adalah kebersihan.

“Jangan mengandalkan Pemda untuk kebersihan, seluruh masyarakat harus bekerjasama dengan seluruh kepala desa camat dan selalu melakukan Jumat Bersih,” tutup Tatu. (*/David)