Musim Hujan, Wilayah Ciwandan Bakal Kebanjiran Lagi?

CILEGON

CILEGON – Aktivitas badai tropis Dahlia dapat menciptakan hujan ringan dan lebat disertai angin berkecepatan 20-40 knot.

Di beberapa titik di Kecamtan Ciwandan, Kota Cilegon, berpotensi besar mengalami banjir kembali akibat intensitas hujan yang tinggi. Seperti terlihat pada Kamis (30/11/2017) di Lingkungan Randakari, Kecamatan Ciwandan.

Selain intensitas hujan, banjir yang kerap terjadi di Kecamatan Ciwandan diakibatkan dari penyerapan tanah yang kurang, drainase yang buruk dipenuhi sampah, hingga air laut yang sedang pasang.

Lokasi rawan banjir berada di Jalan Raya Cilegon – Anyer dengan titik di Pintu Air, Kelurahan Kubangsari; Link Cigading, Jublin, Kelurahan Tegalratu; dan Link Penyurungan Kelurahan Randakari.

Dikatakan Heri Suherman, aktivis pegiat lingkungan di Ciwandan, ia mengatakan banjir tersebut sering terjadi beberapa tahun ke belakang. Banyak faktor yang menyebabakan terjadinya banjir di Ciwandan ini.

“Waktu saya sama warga ke lokasi, banyak sampah yang berseliweran dan menyumbat di gorong-gorong. Selain itu, drainasenya cukup kecil, aliran airnya besar, tak cukup menampung air dan hingga airnya tertahan di jalan,” ungkap Heri.

Ia menambahkan, serapan air ke tanah di wilayah Ciwandan juga saat ini semakin kecil, karena mulai banyaknya bangunan industri di wilayah hulu.

“Volume airnya tinggi, sepertinya penyerapan air sangat rendah dan air turun ke jalan semua,” tambahnya. (*/Cholis)

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *