Pakai Kaos Oblong, Presiden Jokowi Resmikan Kereta Bandara Soetta

HEADLINE INDUSTRI TANGERANG

TANGERANG – Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara lansung meresmikan pengoperasian kereta Bandara Soekarno-Hatta (Soetta). Peresmian ini dilangsungkan di Stasiun Bandara, Terminal III, Selasa (2/1/2018).

Joko Widodo (Jokowi) yang mengenakan kaos oblong lengan panjang warna merah tua datang ke tempat acara sekitar pukul 08.52 WIB. Dia didampingi Menteri BUMN Rini Sormarno, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Pariwisata Arief Yahya, dan Menteri PUPR Basuki Hadimudjono.

Selain itu Jokowi yang tiba di Bandara menggunakan kereta tampak didampingi Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin).

“Akhirnya bisa kita resmikan peresmian (kereta bandara). Ini adalah salah satu dari penyediaan moda transportasi di Jakarta untuk mengurangi kemacetan,” ujar Jokowi.

Jokowi didampingi sejumlah menteri dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar saat meninjau fasilitas kereta bandara / Dok

Dia menuturkan, ke depan pemerintah akan coba mengintergasikan semua moda transportasi mulai dari busway, MRT, LRT, dan kereta bandara agar masyarakat bisa mengurangi penggunaan kendaraan pribadi seperti mobil.

Setelah peresmian ini, tarif promo KA bandara sebesar Rp 30 ribu sudah tidak berlaku lagi. Railink rencananya akan menerapkan tarif normal Rp 70 ribu mulai 2 Januari 2018.

Sebelumnya, Direktur Utama PT Railink Heru Kuswanto mengatakan telah menyiapkan 10 rangkaian KA Bandara Soekarno-Hatta dengan 82 perjalanan dan kapasitas 33 ribu penumpang setiap harinya. Satu rangkaian terdiri atas enam kereta yang mampu mengangkut 272 penumpang.

Jadwal kereta pertama berangkat dari Stasiun Sudirman Baru pukul 03.21 WIB dan sampai di Bandara Internasional Soekarno-Hatta pukul 04.18 WIB, sedangkan untuk perjalanan terakhir pada pukul 22.51 WIB di Stasiun Sudirman Baru dan sampai di Bandara Soetta pukul 23.48 WIB.

Rentang waktu kedatangan kereta, yaitu setiap 30 menit sekali, sedangkan waktu tempuh diperkirakan 45 menit dari Sudirman Baru sampai Bandara Soetta.

KA Bandara Soekarno-Hatta ini nantinya akan melayani penumpang di lima stasiun, yaitu Stasiun Manggarai, Stasiun Sudirman Baru, Stasiun Duri, Stasiun batu Ceper, dan Stasiun Bandara Soekarno-Hatta.

“Pada awal operasional kami hanya melayani penumpang di dua stasiun terlebih dahulu yaitu Stasiun Sudirman Baru dan Stasiun Bandara Soekarno-Hatta,” kata Heru.

Untuk pemesanan tiket KA Bandara Soekarno-Hatta, PT Railink mengembangkan sistem sendiri dengan nama Airport Railways Ticketing System (ARTS). Sistem transaksi tiket dilakukan secara non-tunai melalui aplikasi, pemesanan daring (internet booking) dan mesin penjualan (vending machine). (*/Republika)

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *