Pelajar di Ciwandan Isi Liburan Sekolah dengan Kemah Pramuka

CILEGON PENDIDIKAN

CILEGON – Dewan Kerja Ranting (DKR) Gerakan Pramuka Kecamatan Ciwandan, Kota Cilegon, mengisi liburan sekolah dengan menggelar kegiatan perkemahan akhir tahun (Perata).

Perata tahun ini berlangsung selama 3 hari. Mulai dari tanggal 29 hingga 31 Desember 2017. Kegiatan ini berlangsung di Taman Ciwandan, Lingkungan Pagebangan, Kelurahan Kubangsari, Kecamatan Ciwandan Kota Cilegon.

DKR Pramuka Ciwandan telah aktif selama 30 tahun, dari tahun 1987 membina anak-anak sekolah di bidang Kepramukaan, dan kegiatan Perata ini merupakan agenda rutin tahunan.

Sebanyak 30 Sekolah Dasar (SD) dan 10 SLTP mengikutkan siswa-siswinya pada kegiatan ini. Terdapat beragam perlombaan; Baris-berbaris, simaphore, pidato, puisi, gapura, tata boga dan karnaval.

“Ini agenda tahunan kang, sekarang sudah menginjak tahun ke 30 DKR Ciwandan menggelar Perata. Waktunya selalu berdekatan dengan tahun baru. Sekaligus ngisi libur sekolah juga, akhir semester,” ungkap Ahmad Matin, Panitia Perata.

Sementara itu, Pelatih Pramuka dari SDN Belumbang, Ardi Vidiansyah, mengatakan, sekolahnya rutin mengikuti kegiatan tahunan ini. Untuk menambah wawasan, dan pengalaman siswa-siswi.

“Anak-anak harus kita dukung keaktifannya, Pramuka ini sebagai wadah untuk mereka berkreasi, supaya tersalurkan bakat-bakatnya,” katanya.

Ia menambahkan, proses latihan untuk menghadapi kegiatan Perata ini, harus dilalui oleh para siswa dalam waktu yang lumayan panjang dan intens, sekitar 2 mingguan.

“Semua mata perlombaan kita latih dengan intens, keaktifan dan bakat anak-anak dilihat dari sini. Nanti dibagi siapa dan di bidang apa anak mengikuti lomba. Alhamdulillah, anak-anak juga senang dan antusias,” imbuhnya. (*/Cholis)

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *