Pelajar SMK Pariwisata se-Banten Ditantang Lomba Masak di Baitul Hamdi Menes

PANDEGLANG – Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Baitul Hamdi Menes, Kabupaten Pandeglang, menggelar kompetisi memasak pada Sabtu (9/12/2017) bertempat di aula sekolah.

Event yang bertajuk ‘live cooking competition’ ini , digagas langsung oleh para siswa yang tergabung dalam Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) SMK Baitul Hamdi dan dipandu Chef Tedi, seorang juru masak profesional dari Horison Ultima Ratu.

Disinggung terkait tujuan diadakannya kegiatan ini, Ketua Pelaksana Tian Maulana, kegiatan ini merupakan kegiatan pengembangan bakat untuk meningkatkan SDM para siswa.

“Momentum ini tidak hanya untuk berkompetisi tapi juga belajar sehingga kita bisa meningkatkan SDM yang mumpuni di sektor pariwisata,” ungkapnya.

Tidak lupa, ia juga berterimakasih kepada pihak-pihak yang sudah membantu hingga terlaksananya kegiatan ini baik dari Pemprov, Pemkab, sanggar seni budaya dan media massa.

“Alhamdulillah, berkat dorongan dari semua pihak kita bisa melaksanakan kegiatan ini, semoga kedepannya bisa lebih baik dan peserta yang ikut bisa lebih banyak lagi,” tuturnya.

Kepala SMK Baitul Hamdi, Ari Eko Prianto juga mengungkapkan, kegiatan ini sebagai ajang silaturahmi antar siswa di jurusan yang sama.

“Diadakannya live cooking competition yang digagas oleh OSIS ini bertujuan mempererat tali silaturahmi antar sekolah kejuruan bidang kepariwisataan, serta meningkatkan kompetensi di bidang tata boga dan juga mengenalkan pangan lokal daerah Pandeglang seperti singkong dan salak,” ujarnya.

Ia pun berharap, ini menjadi langkah awal mengembangkan dan juga membudayakan masakan lokal. Karena menurutnya, kegiatan yang didukung langsung oleh Dinas Ketahanan Pangan ini sekaligus mensosialisasikan panganan lokal yang bermanfaat besar yang dapat diolah dengan berbagai kreatifitas.

“Semoga setelah ini, para peserta mampu memupuk semangatnya dalam mengkreasikan masakan daerah dan juga mampu mengeksplorasi kreatifitas siswa dalam mengolah masakan,” ujarnya.

Kegiatan yang melibatkan beberapa sekolah kejuruan bidang pariwisata ini, selain menghadirkan chef profesional dan melibatkan alumni dari SMK Baitul Hamdi juga menghadirkan seni tari dan budaya lokal.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Banten Eneng Nurcahyati sangat mengapresiasi siswa-siswi SMK Baitul Hamdi yang menggelar kegiatan yang bisa berkontribusi terhadap pembangunan SDM pariwisata yang memang harus dimulai dari sekolah atau akademik.

Ia pun mengungkapkan, Pemerintah Banten terus gencar mengembangkan potensi pariwisata yang didalamnya adalah kuliner. Pada kegiatan tersebut, peserta mampu menyajikan aneka masakan menarik dan itu berpotensi untuk dikembangkan menjadi kuliner berbasis lokal.

“Turut bangga kepada siswa SMK Baitu Hamdi yang sudah berhasil mengemas acara yang didalamnya terdapat unsur seni, tarian budaya daerah Menes dan pertunjukan kreatifitas siswa,” ujar Eneng.

“Ini juga merupakan kegiatan yang meningkatkan kreatifitas siswa dalam memanfaatkan potensi kuliner daerah di Banten yang dapat disajikan semenarik mungkin seperti sajian makanan hotel yang dipandu langsung oleh Chef Tedi dari Ultima Ratu Hotel,” imbuhnya.

Pada kegiatan tersebut, SMKN 1 Kota Serang berhasil menjadi juara 1 dan 2. Sedangkan juara 3 dan juara favorit didapat oleh SMKN 1 Pandeglang. (*/Ndol)