Pelepasan Kelas XII SMAN 1 Wanasalam, Kepsek: Kami Kembalikan Murid-murid kepada Orang Tua

LEBAK PENDIDIKAN

LEBAK – SMA Negeri 1 Wanasalam, Kabupaten Lebak menggelar pelepasan siswa-siswi kelas XII, Kamis (3/5/2018). Sebanyak 223 siswa-siswi kelas XII dilepas untuk dikembalikan kepada orang tua atau wali murid.

Prosesi pelepasan siswa-siswi yang dilaksanakan di halaman SMAN 1 Wanasalam itu berjalan lancar dan penuh rasa haru. Tak jarang pelajar, orang tua wali murid dan dewan guru SMA Negeri 1 Wanasalam yang menghadiri pelepasan atau perpisahan itu menggambarkan raut wajah dengan sedih dan meneteskan air mata.

Betapa tidak, rasa kebersamaan selama tiga tahun menjadi keluarga besar SMA Negeri 1 Wanasalam telah berakhir. Suasana haru semakin terasa ketika prosesi penyematan kalung alumni SMA Negeri 1 Wanasalam yang dibalut dengan alunan musik bernuansa perpisahan.

Selain dihadiri orang tua wali murid, dewan guru dan staf guru SMA Negeri 1 Wanasalam, pelepasan siswa-siswi kelas XII juga dihadiri pengurus komite sekolah.

Untuk memeriahkan prosesi pelepasan itu, keluarga besar SMA Negeri 1 Wanasalam menampilkan sejumlah parade dan kesenian tradisional adat sunda dan seni lainnya. Hal ini bertujuan untuk melestarikan seni tari dan mengenalkan budaya tradisional bagi pelajar SMA Negeri 1 Wanasalam.

Kepala SMAN 1 Wanasalam, Raden Supardan, mengatakan, setelah selama tiga tahun mengikuti proses pendidikan di SMA Negeri 1 Wanasalam, para pelajar siswa-siswi kelas XII dinyatakan selesai mengikuti pendidikan di sekolah dan dikembalikan kepada orang tua wali murid.

Raden Supardan berharap siswa-siswi yang dilepas dan dikembalikan kepada orang tuanya bisa lulus 100 persen pada pengumuman kelulusan yang akan dilaksanakan pada tanggal 3 Mei (Hari ini-red).

“Kami mengucapkan terimakasih kepada orang tua wali murid dan pengurus komite SMA Negeri 1 Wanasalam yang telah mempercayai anak-anaknya mengikuti pendidikan di SMA Negeri 1 Wanasalam. Prosesi pelepasan siswa-siswi kelas XII ini adalah untuk mengembalikan anak-anak pelajar kepada orang tua karena dinyatakan selesai mengikuti pendidikan selama tiga tahun di sekolah ini,” kata Raden Supardan kepada faktabanten.co.id di ruang kerjanya

Kepala SMA Negeri 1 Wanasalam ini juga berharap para pelajar yang dinyatakan lulus bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi yakni perguruan tinggi.

Namun demikian, Raden Supardan mengingatkan kepada orang tua dan siswa-siswi agar selektif dalam memilih perguruan tinggi yang berkualitas.

“Saat ini sudah banyak pilihan perguruan tinggi. Siswa-siswi yang lulus agar berhati-hati dalam memilih perguruan tinggi. Pilihlah perguruan tinggi yang berkualitas dan bermutu, untuk masa depan adik-adik. Sesuaikan dengan bakat dan kemampuan adik-adik dalam memilih jurusan dalam melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi. Raihlah cita-citamu untuk masa depan yang lebih baik,” ucapnya.

Sementara Ketua Komite SMA Negeri 1 Wanasalam, Sudrajat, mewakili orang tua wali murid siswa-siswi kelas XII mengungkapkan rasa terimakasih kepada dewan guru SMA Negeri 1 Wanasalam yang telah mendidik siswa-siswi kelas XII selama tiga tahun.

“Terimakasih kepada dewan guru serta staf guru SMA Negeri 1 Wanasalam yang sudah mendidik dan membimbing anak-anak kami selama tiga tahun di bangku sekolah. Semoga ilmu yang didapat di bangku sekolah dapat bermanfaat bagi anak-anak kami untuk masa depan yang lebih baik,” tuturnya. (*/Sandi)

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *