Pemerintah Nilai Sampah Rumah Tangga Juga Sebabkan Ciwandan Banjir

CILEGON

CILEGON – Pemerintah Kota Cilegon menilai, selain drainase yang kecil dan pendangkalan di beberapa titik aliran sungai di Ciwandan, sampah rumah tangga juga ikut berperan penyebab banjir.

“Sampah-sampah tersebut menyumbat gorong-gorong sehingga memperparah aliran air,” kata Sari Suryati saat hearing dengan korban banjir, Selasa (13/2/2018) di Gedung DPRD Kota Cilegon.

Ia mengatakan, pentingnya penyelesaian sampah dari akar terutama sampah rumah tangga yang ikut berkontribusi penyebab banjir.

“Ini yang kami pantau. Terjadi juga sumbatan di gorong-gorong. Penyelesaian sampah harus diselesaikan di tingkat akhir yaitu masyarakat,” tukasnya.

Ia berharap agar bersama-sama menjaga lingkungan dari sampah dengan membuang sampah pada tempatnya.

“Selain itu, anggaran DPW Kel juga sebisa mungkin agar digunakan untuk hal-hal ini,” imbuhnya.

Sementara itu, Reda Badrudin, Bidang Pengelolaan Sampah Dinas LH siap memberikan bantuan fasilitas tempat sampah untuk yang membutuhkan. Seperti tempat sampah maupun bak sampah.

“Syaratnya ada lahan untuk bak sampahnya. Kami bisa kirimkan dan sampah-sampahnya akan kami ambil juga,” katanya.

Ia mengatakan, masyarakat yang butuh bantuan tentang penanganan sampah di wilayahnya bisa datang ke Dinas LH langsung untuk fasilitas bak sampah dan pengambilan sampah.

“Kami butuh sinergitas juga dari masyarakat kang. Agar pengelolaan sampah bisa ditangani dengan baik,” imbuhnya. (*/Cholis)

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *