Pemerintahan Jokowi Sukses Ambil Alih 51% Saham Freeport untuk BUMN

BANTEN EKONOMI NASIONAL

Tangerang – Presiden Joko Widodo mengatakan, 51 persen saham kepemilikan PT Freeport Indonesia kini sudah beralih ke pemerintah Republik Indonesia. Upaya divestasi yang sudah diperjuangkan sejak beberapa tahun belakangan ini akhirnya membuahkan hasil.

“Saya telah mendapatkan laporan bahwa holding industri pertambangan kita Inalum telah capai kesepakatan awal dengan Freeport, pengolahan untuk meningkatkan kepemilikan kita menjadi 51 persen dari yang sebelumnya 9,36 persen. Alhamdulillah,” jelas Jokowi, di BSD Tangerang, Banten, Kamis 11 Juli 2018.

Jokowi menjelaskan, selama ini perusahaan tambang asal AS yang beroperasi di Papua itu, sahamnya hanya dimiliki kecil oleh pemerintah. Maka, lanjut Jokowi, di era kepemimpinannya selama tiga tahun belakangan, pembahasan secara intens dilakukan untuk divestasi saham Freeport.

“Ini sebuah lompatan, kami harapkan nanti kita akan mendapatkan income yang lebih besar, baik dari pajak, royaltinya, deviden retribusinya sehingga nilai tambah komoditas tambang bisa dinikmati oleh kita semua. Kepentingan nasional harus di nomor satukan,” jelas Jokowi.

Berapa nilainya, Jokowi mengatakan teknis akan dikerjakan dan dihitung oleh Kementerian Keuangan dan Kementerian BUMN. (*/viva.co.id)

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *