Pemprov Banten Akan Cetak Terjemahan Kitab Syeikh Nawawi Al-Bantani

SERANG – Pemerintah Provinsi Banten melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah akan kembali mencetak dan membukukan terjemahan kitab-kitab karangan Syeikh Nawawi Al-Bantani di bulan Desember 2017 ini.

Ada sembilan judul yang akan diterjemahkan dan dibukukan, salah satunya tafsir Al-Munir yang melegenda dan menjadi rujukan di banyak pesantren di Indonesia dan ulama-ulama di luar negeri.

“9 kitab akan diterjemahkan dan kita cetak dan akan dibagikan ke masyarakat,” ujar Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Banten.

Setiap judul kitab Syeikh Nawawi Al-Bantani yang diterjemahkan akan dicetak sebanyak 1.700 buku, sebagian hasil cetakan dibagikan.

Saat ini baru 3 judul kitab yang diterjemahkan dan dicetak Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Banten.

“Target kita semuanya kita terjemahkan dan cetak, saat ini berarti kita sudah punya 12 kitab yang sudah diterjemahkan,” imbuhnya.

Sementara itu, Perpustakaan Daerah Provinsi Banten telah mengoleksi 40 dari ratusan kitab yang dibuat oleh ulama besar asal Tanara Kabupaten Serang tersebut.

“Tujuan pencetakan ini adalah untuk mengenang jasa dan agar
Masyarakat Banten terinspirasi oleh ulama besar kita untuk tafukufidin dan jangan sampai masyarakat kita lupa di kampung kita ini ada ulama besar, gurunya para ulama di Indonesia,” pungkasnya. (*/Yosep)