Pendakian ke Gunung Pulosari Mulai Dibuka, Tapi “Bodong”

PANDEGLANG WISATA

PANDEGLANG – Isu dibukanya jalur pendakian ke Gunung Pulosari di Kabupaten Pandeglang yang dikeluarkan oleh pihak BPBD disambut baik oleh para pendaki, namun belum ada kepastian legal tidaknya hal itu karena tidak adanya tiket atau surat izin masuk kawasan dari pengelola.

Ketua RW 03 Pamengker, Anwar mengatakan, dirinya memang mengetahui adanya pemberitahuan dibukanya jalur pendakian Gunung Pulosari namun belum secara pasti mana yang dibolehkan untuk aktivitas pendakian. Pihak Perhutani pun menurutnya belum memberikan himbauan akan hal tersebut.

“Sudah banyak yang kesini sejak tadi malam, tapi kami belum bisa mengizinkan karena belum ada musyawarah di desa maupun dari tokoh masyarakat, karena menurut Perhutani belum bisa dibuka,” katanya.

Ia juga mengakui sudah ikut bermusyawarah bersama pihak desa dan tokoh masyarakat pada Jumat 5 Oktober 2018 kemarin, bahkan tidak ada keputusan untuk membuka jalur dan masyarakat belum mengetahuinya.

“Kemarin juga rapat di desa belum ada keputusan dibuka apa enggak kalau dibuka harusnya pihak Perhutani membuat jalur yang jelas,” ucapnya.

“Kan yang menutup masyarakat dan pihak Desa Cilentung, jalur Cilentung dan Pamengker belum ada kepastian,” ucapnya.

Kalaupun jalur pendakian sudah dibuka menurutnya pihak desa akan mengeluarkan surat ijin masuk kawasan wisata gunung Pulosari.

“Kalau sudah dibuka pastinya ada karcis soalnya jalur pamengker juga nginduk kesana (Cilentung-red),” tandasnya.

Hal tersebut juga menjadi keluhan bagi para pendaki, pasalnya setelah beredarnya pemberitaan tentang pembukaan jalur pendakian gunung Pulosari dirinya merasa senang, sebab bisa kembali melakukan aktivitas pendakian di wilayah wisata Pandeglang.

“Memang sudah lama ditutup karena adanya pergeseran tanah di sekitaran Curug Putri, ya setelah berita itu menyebar dan mengatakan jalur dibuka, Kami (menyebutkan rombongan-red) kesini sekalian pengen tahu jalurnya, tapi setelah disini masyarakat belum siap menerima pendaki dan belum ada karcis yang dipegang oleh pos pendakian, mungkin jalur lain yang dibuka,” cetusnya. (*/Dave)

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *