www.faktabanten.co.id
Suara Merdeka Rakyat Banten
HUT-RI__Berkarya_Al-khairiyah_Muhib

Pidato Kenegaraan HUT RI, Jokowi Minta Izin Pindahkan Ibu Kota ke Kalimantan

0
HUT RI__Embay_yadi_Hipmi

JAKARTA – Presiden Joko Widodo meminta izin memindahkan Ibu Kota Negara ke Pulau Kalimantan saat menyampaikan pidato kenegaraan menjelang 17 Agustus 2019 di gedung MPR RI, Senayan, Jakarta pada Jumat (16/8/2019).

“Pada kesempatan bersejarah ini, dengan memohon ridha Allah SWT, dengan meminta izin dan dukungan dari Bapak Ibu anggota dewan yang terhormat, para sesepuh dan tokoh bangsa, terutama dari seluruh rakyat Indonesia, dengan ini saya memohon izin untuk memindahkan ibu kota negara kita ke Pulau Kalimantan,” ujar Presiden di Gedung Kura-kura MPR RI, Senayan, Jakarta.

Mantan Gubernur DKI ini tidak menyebut spesifik kota mana yang akan menjadi ibu kota di Pulau Kalimantan tersebut. Ia hanya menyebut, Ibukota negara bukan hanya simbol identitas bangsa, tetapi juga representasi kemajuan bangsa.

HUT RI_BPS_Dynasty_PCNU

“Ini demi terwujudnya pemerataan dan keadilan ekonomi. Ini demi visi Indonesia Maju. Indonesia yang hidup selama-lamanya,” katanya.

HUT RI_Nasdem_SMKN_Samangraya

Dalam pelbagai kesempatan. Presiden mengaku tak ingin tergesa-gesa mengambil keputusan terhadap lokasi tersebut. Meski demikian, Ia berharap agar keputusan terkait lokasi pemindahan ibu kota ini dapat secepatnya diambil.

HUT_LMP_MDC__IED_LMP

“Kita tidak ingin tergesa-gesa, tetapi ingin secepatnya diputuskan,” ujarnya.

Hingga kini, kata Jokowi, pemerintah masih berupaya menyelesaikan kajian-kajian pendukung terkait hal tersebut. Kajiannya mulai dari sisi kebencanaan, air, keekonomian, demografi, sosial politik, dan pertahanan dan keamanan.

Ditegaskannya, pemindahan ibu kota merupakan langkah tepat dan wujud kongkrit untuk melakukan pemerataan dan keadilan ekonomi bangsa Indonesia.

“Ini demi Indonesia maju, Indonesia hidup selama-lamanya,” tandasnya. (*/Qih)

HUT RI_CAMAT_CCSR_Karang Taruna

Dapatkan notifikasi lansung ke perangkat Anda, Klik Aktifkan

error: www.faktabanten.co.id