Rusia Terjungkal Lewat Adu Penalti, Kroasia Akan Hadapi Inggris di Semifinal

INTERNASIONAL OLAHRAGA

FAKTA BANTEN – Timnas Kroasia memastikan diri meraih tiket semifinal Piala Dunia 2018 di Fisht Stadium Sochi, setelah menyingkirkan tuan rumah Rusia melalui adu penalti. Setelah bermain imbang 2-2 di babak extra time, Kroasia menang adu penalti 4-3, pada Minggu (8/7/2018) dinihari WIB.

Pada jalannya laga berlangsung menarik, sejak babak pertama Rusia bermain lebih terbuka ketimbang saat bermain melawan Spanyol. Jual beli serangan ditunjukan para pemain Rusia Kroasia, menjadikan pertandingan makin menarik.

Tuan rumah lebih dulu unggul di menit (30′). Cheryshev dan Dzyuba mengumpan satu-dua, lalu dengan penetrasinya, Cheryshev menembak dengan kaki kiri dari luar kotak penalti. Subasic terperangah, bola pun bersarang di sudut kanan atas gawang Kroasia. Skor 1-0 untuk Rusia.

Namun hanya butuh sembilan menit bagi Kroasia untuk menyamakan kedudukan pada menit (39′). Gol terjadi dari manuver Mandzukic dari sisi kiri yang leluasa menusuk pertahanan Rusia. Ia mengirim umpan silang dengan kaki kiri, dan Keramik menyambutnya dengan mengarahkan sundulan bola ke sudut kiri gawang. Kiper Rusia Igor Akinfeev cuma bisa melihat bola bergulir mengoyak jala gawangnya. Skor 1-1.

Memasuki babak kedua, kedua tim sama-sama ngotot untuk mendapatkan tambahan gol, sehingga banyak pemain yang terkena kartu kuning dan mengalami cedera. Namun tidak ada gol yang tercipta hingga peluit panjang akhir babak kedua, skor masih tetap 1-1. Pertandingan pun harus berlanjut ke babak perpanjangan waktu.

Di masa perpanjangan waktu pertama, Kroasia berbalik unggul. Sebuah sundulan Domagoj Vida tepat di menit ke-100 gagal dihalau oleh Igor Akinfeev. Gol ini sempat membungkam supporter tuan rumah yang terhenyak.

Dan di masa perpanjangan waktu kedua, tuan rumah Rusia semakin bermain ngotot untuk mengejar ketingalan. Dan akhirnya mampu menyamakan kedudukan menjadi 2-2 di menit ke-115. Gol dari Hernanes itu sejenak menghibur publik tuan rumah.

Dan lima menit tersisa laga perpanjangan waktu tak ada lagi gol, skor 2-2 bertahan. Maka, pemenang laga pun harus ditentukan melalui adu penalti.

Baik Rusia maupun Kroasia tampak optimis pada adu tos-tosan ini, karena kedua tim baru saja melakoni adu penalti di babak perdelapan final lalu dengan kemenangan.

Adu Penalti Rusia vs Kroasia;
1. Smolov (Rusia): gagal
1. Roman Zobnin (Kroasia): gol
2. Dzagoev (Rusia): gol
2. Mateo Kovacic (Kroasia): gagal
3. Fernandes (Rusia): gagal
3. Luka Modric (Kroasia): gol
4. Ignashevich (Rusia): gol
4. Vida (Kroasia): gol
5. Kuzyayev (Rusia): gol
5. Rakitic (Kroasia): gol

Eksekutor kelima Kroasia Rakitic, menjadi gol penentu kemenangan Kroasia atas Rusia 4-3. Dengan kemenangan ini, memastikan Modric cs lolos ke semifinal Piala Dunia 2018.

Capaian ini mengulangi prestasi generasi 1998 di mana Kroasia mampu finis di posisi ke-3. Di semifinal mendatang, Kroasia akan bertemu Inggris yang sebelumnya mengalahkan Swedia dengan skor 2-0. (*/Ilung)

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *