Sambut Nuzulul Qur’an, Ponpes Ashohabah Palas Gelar MTQ Se-Kota Cilegon

CILEGON PENDIDIKAN

CILEGON – Dalam rangka menyambut momen turunnya kitab suci Al-Qur’an yang menurut sebagai ulama diperingati pada malam Ke 17 bulan Ramadhan, Pondok Pesantren (Ponpes) Ashohabah Palas menggelar kegiatan Pekan Malam Nuzulul Qur’an yang diisi dengan berbagai kegiatan perlombaan bertemakan Al-Qur’an, di halaman Ponpes Jum’at (1/6/2018) malam.

Kegiatan ini mengusung tema ‘Kita Tingkatkan Ukhuwah Islamiyah dan Generasi Muda yang Cinta Al-Qur’an dan Kandungannya Demi Mewujudkan Lingkungan Masyarakat yang Baldatun Thoyyibatun Warrobbun Ghofur’.

Tampak hadir dalam acara, Anggota DPRD Kota Cilegon Ahmad Efendi dan Lurah Kelurahan Bendungan, Maman Herman, yang ditemani oleh Pengasuh Ponpes Ashohabah, KH. Humaeni duduk lesehan di depan.

“Kegiatan ini merupakan rutinitas setiap tahun untuk menyambut malam Nuzulul Qur’an di Ponpes Ashohabah. Tujuannya seperti yang tertera dalam tema. Pada tahun ini kita selenggarakan perlombaan MTQ Tingkat Anak-anak dan Remaja, Fahmil Qur’an Remaja dan Murotal Anak-anak,” kata Ketua Panitia Pelaksana Ustadz Al Qomi, di sela acara pembukaan kepada faktabanten.co.id

Anggota DPRD Cilegon bersama Lurah Bendungan turut menghadiri Peringatan Malam Nuzulul Qur’an di Ponpes Ashohabah Palas, Kota Cilegon, Jumat (1/6/2018) malam / Dok

Acara yang secara simbolis dibuka oleh Ahmad Efendi, Anggota DPRD dari Fraksi NasDem tersebut, rencananya akan berlangsung selama enam hari, dari tanggal 1 hingga 6 Juni 2018 atau bertepatan pada 17- 21 Ramadhan 1439 Hijriyah. Acara sendiri disambut sangat antusias oleh masyarakat, dan diikuti oleh peserta dari berbagai kecamatan di Kota Cilegon.

“Untuk tahun ini peserta sangat antusias diikuti oleh anak-anak pribumi Kota Cilegon dari Kecamatan Cilegon, Cibeber, Jombang, Purwakarta, Grogol, Pulomerak dan Ciwandan,” terang Ustadz Al Qomi.

Ia berharap, kegiatan ini menjadi salah satu bagian yang bisa memotivasi generasi bangsa yang Qur’ani di Kota Cilegon.

“Semoga bisa menyemangati anak-anak dan remaja untuk terus melatih bakat Qorinya, semangat belajar mendalami Al-Qur’an serta maknanya. Mudah-mudahan bisa melahirkan generasi bangsa yang Qur’ani,” harapnya.

Ponpes Ashohabah yang berada di Link Palas, Kelurahan Bendungan, Kecamatan Cilegon, yang sudah puluhan tahun berdiri ini, memang sudah lama dikenal sering melahirkan Qori-qori ternama, dari tingkat lokal hingga nasional.

Sehingga dalam beberapa dekade terakhir ini, warga Link Palas kerap dianggap pintar ngajinya, oleh warga Kampung lainnya di Cilegon dan sebagian Serang, karena keberadaan Ponpes Ashohabah di kampung tersebut. (*/Ilung)

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *