Sawah di Kabupaten Serang Ini Disulap Jadi Taman Wisata

EKONOMI SERANG WISATA

SERANG – Destinasi wisata menjadi salah satu bagian yang membantu menambah perekonomian masyarakat setempat. Hal itu diwujudkan oleh masyarakat Desa Sukaratu, Kecamatan Cikeusal, Kabupaten Serang, yang membangun destinasi wisata di tengah-tengah lahan pertanian.

Taman wisata yang berlokasi di tengah lahan pertanian di Desa Sukaratu tersebut dibangun oleh masyarakat setempat dengan dukungan Kepala Desa Sukaratu, yang menambah sangat serta antusias masyarakat untuk membangun destinasi wisata itu.

Peresmian destinasi wisata yang diberi nama Taman Desa Mahkota Ratu tersebut dilakukan pada Selasa (15/5/2018).

Irman Supriatman, Kepala Desa Sukaratu, menjelaskan, Taman Desa yang dibangun ini berawal dari saung yang ada di lokasi tersebut selalu banyak dikunjungi warga untuk melakukan kegiatan.

“Tadinya saung ini tempat musyawarah warga. Terus dibuat lagi menjadi multi fungsi sebagai kegiatan keluarga dan resmi,” katanya.

Selanjutnya, karena selalu ramai, keluarlah ide untuk membangun sebuah destinasi wisata agar tidak hanya masyarakat setempat yang mengunjungi sawah yang menjadi taman tersebut.

“Biar banyak dan makin rame, akhirnya saya berinisiatif membangun desa wisata. Mumpung sudah panen, begitu panen, warga gotong-royong, target puasa sudah dibuka dan sekarang sudah dilaunching,” papar dia.

Untuk membuat desa wisata tersebut Irman mengaku menghabiskan anggaran sekitar Rp 50 juta, yang bersumber 50 persen dari hasil swadaya masyarakat dan 50 persen diambil dari dana desa.

Untuk kedepannya, destinasi itu pun akan dimasukkan kepada program BumDes agar dapat meningkatan pendapatan desa.

“Kalau sekarang gratis. Nanti ke depan dipungut biaya masuk. Terjangkau, Rp 2000 buat pemeliharaan. Nanti (jembatan cinta-red) dicat, supaya semakin bagus,” jelasnya.

Di samping itu, a berharap agar masyarakat Desa Sukaratu tetap menjaga kekompakan dan semakin mengembangkan potensi desanya.

Pada destinasi tersebut disediakan sejumlah fasilitas, seperti saung musyawarah, warung makan, taman baca dan jembatan cinta. Selain itu, di taman wisata yang memiliki luas 4 hektar ini pun pengunjung disuguhkan dengan aneka tanaman bunga-bunga cantik. (*/Dave)

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *