Siap Saingi Iran, Arab Saudi Akan Bangun Senjata Nuklir

INTERNASIONAL

FAKTA BANTEN – Putra Mahkota Arab Saudi Pangeran Mohammed bin Salman, pada Kamis (15/3), menegaskan, Saudi siap mengembangkan senjata nuklir. Hal ini akan dilakukan jika Iran melakukan hal serupa.

“Jika Iran mengembangkan bom nuklir, kami juga harus melakukannya,” kata Pangeran Mohammed di siaran televisi pemerintah Saudi, dikutip laman Anadolu Agency.

Dengan menggunakan bahasa kasar, Pangeran Mohammed menghujat pemimpin tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei. Ia menyebut Khamenei mirip pemimpin Nazi Adolf Hitler. “Negara-negara di dunia tidak menyadari betapa bahayanya Hitler sampai apa yang terjadi,” kata Pangeran Mohammed merujuk pada pecahnya Perang Dunia II akibat Nazi.

Ia tak menghendaki Perang Dunia II kembali terulang di kawasan Timur Tengah. “Saya tidak ingin melihat hal yang sama terjadi di Timur Tengah,” ujar Pangeran Mohammed.

Kemudian terkait citra Iran sebagai negara dengan kekuatan militer dan ekonomi yang mumpuni, Pangeran Mohammed menyangkalnya.

“Militer Iran bukan satu dari lima besar militer besar dunia Muslim, sementara ekonomi Saudi lebih besar daripada ekonomi Iran. Iran jauh dari sama dengan kerajaan Saudi,” katanya.

Saudi telah memutuskan hubungan Iran pada awal 2016. Hal itu dilakukan setelah para demonstran Iran merangsek masuk dan menggeledah dua kantor misi diplomatik Saudi di kota Teheran dan Masyhad. (*/Republika.co.id)

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *