Stok Darah Kurang, PMI Kota Cilegon “Jemput Bola” di Car Free Day

BANTEN CILEGON

CILEGON – Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Cilegon melakukan jemput bola untuk menambah stok darah yang tersedia. Pasalnya, saat ini, stok darah di PMI masih berkurang.

Untuk meningkatkan stok darah tersebut, PMI mengadakan donor darah di acara Car Free Day, Krakatau Junction, Minggu (14/1/2018).

Dede Rasuna, salah satu petugas PMI mengatakan, bahwa stok darah saat ini masih sedikit. Pada Minggu pagi sebelum donor dilakukan golongan darah yang tersedia yakni, A sebanyak 2 kantong, B ada 9 kantong, O ada 7 kantong, dan AB 1 kantong.

“Belum memenuhi kuota aman. Amannya sekitar 100 kantong darah. Sekarang banyak yang donor meskipun memang belum mencapai target,” katanya

Dalam donor pagi tadi, PMI menargetkan 70 kantong darah yang terkumpul. Pendonor hanya sebanyak 38 orang, itupun ketunda 18 orang karena beragam masalah. Seperti tensinya yang tinggi, masih dan terkontaminasi obat.

“Kami berharapnya banyak yang donor, karena stoknya ndak menentu, sekarang ada besok bisa saja tinggal dikit, karena kebutuhan darah di Cilegon lumayan besar,” tambah Dede.

Sementara itu, Dicky Ari, salah satu warga Cilegon yang mendonorkan darahnya mengatakan, ia mendonorkan darahnya sebagai bentuk kepedulian sosial. Selain itu, donor juga bisa menyehatkan badan.

“Saya ngedonorin darah rutin, donorkan salah satu upaya untuk menjaga kesehatan juga, darahnya bisa berganti yang baru,” katanya singkat.

Pasca donor darah pagi tadi, stok darah di UTD PMI Cilegon menjadi, A:11, B:23, O:17, AB:5. (*/Cholis)

 

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *