Sudah Pernah Coba Olahan Cumi Segar dengan Mie Instan?

UTAMA WISATA

FAKTA BANTEN – Bila pada bulan sebelumnya redaksi faktabanten.co.id mengulas salah satu teknik menangkap cumi-cumi dengan metode pancing menggunakan umpan tiruan udang-udangan. Maka pada kali ini akan coba menginspirasi Anda tentang cara mengolah masakan cumi yang lezat.

Pada umumnya olahan cumi-cumi selama ini, mungkin yang lebih banyak kita temui adalah olahan dengan cara dibakar, dipindang atau dibuat ikan asin. Padahal ada loh cara mengolah cumi-cumi yang simple. Nggak usah bikin bara api, pakai bumbu, apalagi dijemur berhari-hari agar menjadi cumi asin.

Ya, hanya cukup direbus dengan mie instan.

Mie instan yang di berbagai daerah di Indonesia kini sudah menjadi makanan alternatif selain nasi dan makanan pokok lainnya. Makanan cepat saji ini juga digemari karena cara memasaknya yang mudah dan pas disantap disaat perut kita tidak begitu lapar.

Namun untuk mengolah cumi-cumi dengan mie instan ini, sangat direkomendasikan menggunakan cumi-cumi yang masih segar. Hal ini dikarenakan minimnya bumbu yang ada di mie instan, sehingga rasa manis alami dari cumi-cumi segar ini sangat diperlukan untuk perpaduan rasa.

Tidak seperti halnya mie instan yang bisa sangat mudah kita beli di warung-warung di sekitar kita. Tapi ketersediaan cumi-cumi segar belum tentu kita dapatkan di pasar, yang kebanyakan hasil tangkapan nelayan beberapa hari sebelumnya yang di simpan di box es. Maka akan lebih terjamin kesegarannya kalau kita membeli cumi-cumi dari nelayan di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) terdekat atau para pemancing.

Seperti yang dilakukan redaksi faktabanten.co.id. Minggu (13/5/2018). Untuk mengeksplorasi olahan masakan ini, kami mencari cumi-cumi segar dengan mancing di Pantai Mabak, Kecamatan Pulomerak, Kota Cilegon.

Setelah cukup mendapatkan 5 ekor cumi-cumi, kami langsung mengolahnya.

Mau tahu kan cara mengolahnya?
Pertama buang tinta cumi-cumi karena warna hitam pada sajian mie bisa mengurangi selera makan, cuci bersih kemudian direbus sekitar 5-10 menit.

Lalu masukan mie instan dalam rebusan cumi-cumi hingga matang. Setelah itu masukan bumbu mie instan, aduk rata dan tuangkan pada mangkuk.

Bagi Anda yang suka rasa pedas, lebih mantap olahan cumi-cumi segar mie instan ini diberi cabe rawit atau saos. Mudah bukan cara mengolahnya?!

Dan cumi- cumi segar yang menghasilkan rasa manis alami dan kekenyalannya, menjadi sensasi rasa yang lebih nendang dan mampu mengalahkan rasa bumbu mie instan yang dibuat dari kaldu sapi dan ayam.

Sriuuuups… Ngiler ya? Hehehe silahkan coba. (*)

Penulis: Ilung

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *