Taklukkan Inggris, Kroasia Akan Hadapi Prancis di Final Piala Dunia

INTERNASIONAL OLAHRAGA

FAKTA BANTEN – Timnas Kroasia sukses menembus babak final Piala Dunia 2018 usai mengalahkan tim favorit Inggris dalam babak semifinal di Stadion Luzhniki Moskow, Kamis (12/7/2018) dinihari.

Setelah kedua tim bermain imbang 1-1 pada 90 menit waktu normal, Kroasia akhirnya menang 2-1 di babak extra time.

Sejak awal jalannya laga antara Kroasia Vs Inggris sudah berjalan sengit. Skuad Inggris yang didominasi pemain muda langsung mengambil inisiatif serangan. Dan hasilnya Three Lion sudah unggul melalui gol cepat Kieran Trippier di menit (5′).

Pelanggaran Modric terhadap Dele Alli di tepi kotak penalti membuat Inggris mendapatkan tendangan bebas. Dan bek Kieran Trippier yang mengeksekusi, membuat bola melengkung melewati atas pagar betis Kroasia dan tidak mampu dihadang Subasic. Gol, skor 0-1 Inggris memimpin.

Kroasia berusaha bangkit mengejar ketertinggalan, namun skuad Inggris yang makin percaya diri tak mengendurkan tekanan mereka, jual beli serangan pun terjadi. Dari beberapa peluang emas yang didapat kedua tim belum berbuah gol. Babak pertama pun berakhir dengan keunggulan Inggris 0-1.

Memasuki babak kedua, skuad Inggris belum menurunkan tempo permainan mereka, jual beli serangan antara kedua kubu berlanjut yang menjadikan semakin seru.

Inggris mendapatkan peluang pada menit 56, Sterling mengirimkan bola kepada Lingard dan langsung mengarahkan shooting keras ke arah gawang Subasic. Namun bola masih dapat diblok Vida yang membelokkan bola melintas atas gawang.

Kroasia yang memiliki skuad pemain matang dan berpengalaman tetap bermain tenang, perlahan mulai mendominasi lini tengah. Serangan yang dibangun Modric cs kali ini benar-benar membuat pertahanan Inggris kerepotan.

Dan akhirnya pada menit 68′, Kroasia berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1 melalui gol Ivan Perisic. Sontekannya menyambut crossing kiriman Vrsaljko, membuat bola menjebol gawang Pickford di pojok bawah.

Bahkan pada menit 70, Perisic nyaris membuat Inggris tertinggal, Stones yang gagal menghalau bola, membuat Perisic leluasa melepaskan tendangan kaki kiri. Namun bola masih menghajar tiang gawang.

Kroasia yang makin tampil percaya diri kembali mendapatkan peluang. Umpan Mandzukic dari sayap kanan kepada Brozovic, yang kemudian melesakan tembakan ke arah gawang. Pickford berhasil mengamankan bola.

Inggris bukan tanpa peluang, pada
Menit 90+2, Trippier mengirimkan bola ke dalam kotak penalti Inggris melalui sebuah tendangan bebas, Kane menyambutnya dengan sundulan, sayang bola melambung di atas gawang Kroasia.

Waktu normal 90 menit pun berakhir dengan skor sama kuat 1-1. Pertandingan antara Kroasia vs Inggris dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu.

Pertandingan pun berlanjut, Sejumlah pergantian pemain dilakukan oleh kedua pelatih.

Inggris mendapat peluang di menit 99. Stones melompat tinggi saat menyambut crossing Trippier di dalam kotak penalti, sundulan keras ia lepaskan mengarah ke kanan gawang Kroasia, namun ada Vrsaljko di mulut gawang untuk menghalau bola dengan sundulannya.

Dan pada menit 105+2 Jordan pickford melakukan penyelamatan spektakuler! Perisic mengirimkan pass ke mulut gawang Inggris, Mandzukic mengejar bola dan sempat melakkukan kontak dengan kaki kanannya, namun Pickford sukses menghadang bola.
Hasil imbang masih bertahan di extra time pertama.

Petaka bagi Inggris datang di awal babak extra time kedua, tepatnya di menit (109′) Umpan crossing yang dihalau oleh pemain Inggris, membuat bola melambung tinggi dan kembali disundul oleh Perisic dengan kepala bagian belakang ke arah mulut gawang. Mario Mandzukic menyambut setelah lolos dari penjagaan Stones dan melepaskan tendangan keras menjebol gawang Pickford. Gol, Kroasia berbalik unggul atas Inggris 2-1.

Jamie Vardy masuk menggantikan Kyle Walker, untuk mempertajam lini depan. Inggris kini berusaha mati-matian menyamakan kedudukan sedangkan Kroasia berusaha maksimal melakukan pressing ketat dan lebih mengulur waktu.

Trippier tampak kesakitan karena kram, ia terpaksa dipinggirkan, kini Inggris hanya bermain dengan 10 orang di menit-menit terakhir pertandingan dengan kondisi tertinggal. Sementara di kubu Kroasia, Bedelj masuk menggantikan Luka Modric, Corluka masuk menggantikan Mandzukic.

Peluang terakhir Inggris didapat dari tendangan bebas, Marcus Rashford melepaskan tendangan dengan mengarahkan ke depan mulut gawang. Namun bola mampu dihalau pemain Kroasia.

Dan wasit pun meniup peluit panjang mengakhiri pertandingan. Hasil semifinal antara Kroasia vs Inggris ditutup dengan skor akhir 2-1. Kroasia melaju ke babak final Piala Dunia 2018 melawan Prancis yang sehari sebelumnya sudah lolos usai mengalahkan Belgia 1-0. (*/Ilung)

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *