Targetkan Rp1,5 Triliun, BI Banten Mulai Gelar Layanan Tukar Uang Pecahan Kecil

EKONOMI SERANG

SERANG – Menjelang datangnya Hari Raya Idul Fitri, Bank Indonesia (BI) Provinsi Banten seperti biasanya menggelar layanan tukar uang pecahan kecil. Layanan tersebut kali ini mulai digelar pada Rabu (30/5/2018), di Alun-alun Barat Kota Serang.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten, Rahmat Hernowo menyampaikan, bahwa kegiatan tersebut merupakan program penukaran rupiah untuk negeri yang diadakan di seluruh Indonesia.

“Ini Nasional, diadakan di 1000 titik di seluruh Indonesia. Karena sesuai amanat Undang-undang bahwa Bank Indonesia melalui perbankan atau kita sendiri wajib menyebarkan uang dalam jumlah yang cukup, dalam pecahan yang sesuai kebutuhan dan dengan kualitas yang baik,” ucapnya kepada awak media.

“Dalam kegiatan ini, kita libatkan sebanyak 6 perbankan, ada dari BRI, Bank Banten, BNI, Mandiri, BCA dan BJB,” tambahnya.

Ia menilai bahwa menjelang lebaran, permintaan masyarakat untuk menukar uang dengan pecahan kecil akan meningkat, bahkan tahun ini akan diperkirakan lebih meningkat dari tahun sebelumnya.

“Perkiraan tahun ini naik 15% dari tahun lalu. Diperkirakan total keseluruhan penukaran uang ke pecahan kecil sebesar Rp 188 triliun secara nasional, dari tahun sebelumnya Rp 167 triliun,” ungkapnya.

Dikatakan Rahmat, untuk Provinsi Banten berdasarkan proyeksi perbankan, total penukaran uang ke pecahan kecil berkisar di angka Rp 1,5 triliun.

“Tapi BI Banten punya proyeksi lebih dari itu, kami persiapkan sebesar Rp 1,8 triliun,” ujarnya.

Lebih lanjut, ia menilai bahwa animo masyarakat khususnya di Kota Serang untuk melakukan penukaran uang menjelang hari lebaran sangat besar, dan itu dibuktikan dengan ramainya masyarakat Kota Serang yang datang berbondong-bondong sejak sebelum dibuka nya pelayanan penukaran uang tersebut.

“Animo masyarakat sangat besar, di Serang kita sediakan 1000 kupon, saya nggak tahu yang datang berapa, tapi kelihatannya sudah banyak,” tuturnya.

“Untuk di tahun ini, kita batasi untuk setiap penukaran itu sebanyak Rp 5,5 juta per orang,” imbuhnya.

Pembukaan Layanan Penukaran Uang oleh Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Banten / Dok

Ia juga menyampaikan kepada masyarakat yang tidak kebagian untuk melakukan penukaran uang di hari ini untuk tidak khawatir, karena pihaknya akan melakukan kegiatan tersebut selama empat hari.

“Disini (Alun-alun Serang) kita adakan selama 4 hari, hari ini, besok, tanggal 4 dan tanggal 5 nanti,” terangnya.

“Nanti kita juga adakan di tempat lain, seperti nanti di KP3B, Merak, rest area Serang Timur menuju Merak,” lanjutnya.

Ia pun mempersilahkan kepada toko retail atau instansi lain yang ingin melakukan penukaran uang pecahan kecil secara kolektif dengan jumlah besar.

“Kalau masyarakat yang minta dengan jumlah besar seperti toko retail atau BPR atau Pegadaian, Kantor Pos itu bisa meminta secara kolektif, tinggal berkirim surat ke kami, kemudian menjelaskan pecahan berapa yang dibutuhkan dan akan ditukar tanggal berapa, silahkan kita terbuka juga untuk itu,” tandasnya.

Sementara itu, salah seorang warga asal Taktakan yang hadir untuk melakukan penukaran uang pecahan kecil, Ridwan kepada faktabanten.co.id mengaku merasa senang dan cukup terbantu dengan adanya program dari Bank Indonesia tersebut.

“Cukup terbantu ya, kita bisa tukar uang buat nanti THR ke anak, saudara, keponakan pas lebaran, dan disini kan udah pasti uangnya baru, terus kita juga nggak khawatir palsu atau engganya,” singkatnya. (*/Ndol)

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *