www.faktabanten.co.id
Suara Merdeka Rakyat Banten
HUT-RI__Berkarya_Al-khairiyah_Muhib

Usai Lebaran, Pencari Pekerjaan di Lebak Meningkat 300 Persen

0
HUT RI__Embay_yadi_Hipmi

LEBAK – Semenjak berakhirnya libur panjang lebaran hingga saat ini, Kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Lebak terus ramai didatangi oleh para pencari pekerjaan (Pencaker).

Total terdapat 526 Pencaker yang datang pasca berakhirnya libur lebaran ini. Kedatangan para Pencaker tersebut tidak lain adalah untuk mengurusi kartu kuning (AK-1) yang menjadi salah satu persyaratan untuk mendapatkan pekerjaan. Hal tersebut dibenarkan oleh Kepala Disnakertrans Lebak Maman.

“Betul, semenjak berakhirnya libur lebaran, kantor Disnakertrans terus didatangi oleh para Pencaker yang hendak mengurus dokumen persyaratan pekerjaan,” kata Maman ketika dihubungi Faktabanten.co.id, Rabu (12/6/2019).

HUT RI_BPS_Dynasty_PCNU

Maman menuturkan, terjadi lonjakan besar-besaran pada pelayanan usai libur lebaran dan cuti bersama, bahkan angka lonjakan ini terbilang tinggi. Jumlah para pencari kerja yang datang kenaikannya mencapai sekitar 300 persen pada hari ini dibandingkan hari biasanya.

HUT RI_Nasdem_SMKN_Samangraya

“Di hari pertama saja terdapat 302 Pencaker yang datang, ditambah di hari kedua dengan 224 Pencaker. Ini lonjakan yang cukup tinggi dibandingkan dengan hari-hari biasa yang hanya mencapai 15 hingga 20 orang saja,” ujarnya.

HUT_LMP_MDC__IED_LMP

Dikatakannya, lonjakan Pencaker tersebut disebabkan oleh banyaknya perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan usai libur lebaran ini.

“Para Pencaker yang datang untuk melamar pekerjaan di perusahaan yang ada di Kabupaten Lebak ataupun diluar daerah, seperti Tanggerang, Bekasi dan juga Karawang,” katanya.

Di akhir Maman mengatakan, untuk penempatan kerja sendiri sampai akhir bulan Maret 2019 sudah mencapai 1.502 orang, belum termasuk MoU antara Disnakertrans Lebak dengan PT. PWI yang siap menampung 600 orang.

Di bulan Juni ini saja terdapat 5 perusahaan yang siap menampung para Pencaker tersebut. Kelima perusahaan tersebut terdiri dari 2 perusahaan di Kabupaten Lebak dan 3 perusahaan di Kalimantan Barat dan Kalimantan Timur,” pungkasnya. (*/sandi)

HUT RI_CAMAT_CCSR_Karang Taruna

Dapatkan notifikasi lansung ke perangkat Anda, Klik Aktifkan

error: www.faktabanten.co.id