Viral, Video SPBU di Cisauk Tangerang Jual Pertalite dan Pertamax dengan Warna Sama

EKONOMI HEADLINE HUKUM TANGERANG

Tangerang – Sebuah rekaman video di jejaring sosial facebook mendadak viral dan menuai perdebatan tentang warna Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Partalite dan Pertamax yang nyaris sama di sebuah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU).

Rekaman video tersebut diunggah dijejering sosial Facebook @panji aribowo.

“PERTALITE & PERTAMAX WARNANYA SAMA? mungkin cuma di SPBU 34-15311 daerah cisauk,”tulis @panji aribowo.

Rekaman tersebut dibuat bermula dari kecurigaannya pada SPBU di daerah Cisauk Tanggerang yang menjual dua jenis BBM SPBU tersebut.

Pemilik akun lantas membeli dua jenis BBM jenis Pertalite dan Pertamax dalam dua wadah botol kaca bening.

Di SPBU tersebut terlihat seorang petugas yang kemudian mengisi BBM jenis Pertalite dari nozel berwarna putih.

Didalam botol warna BBM Partalite terlihat berwarna hijau.

Di dalam botol kedua, petugas SPBU kemudian mengisi BBM jenis Pertamax dari nozzel berwarna biru.

Terlihat, warna jenis kedua BBM tersebut nyaris sama.

Curiga, netizen tersebut lantas langsung menanyakan kepada petugas SPBU itu kenapa BBM jenis Pertalite dan Pertamax sama?.

sama gak pertalite dan pertamax, sama ya?, sama ni?,”tanyanya kepada petugas itu.

Namun petugas itu enggan memberi penjelasan dan menyurus netizen itu untuk menanyakan langsung kepada pemilik SPBU.

Cuplikan Rekaman FB Panji Aribowo / dok

Berikut kronologis lengkap yang diungkap oleh @Panji Aribowo di akun facebooknya:

PERTALITE & PERTAMAX WARNANYA SAMA? mungkin cuma di SPBU 34-15311 daerah cisauk.

kejadian ini saya alami sendiri.
kebetulan orang tua juga bisnis jual bbm untuk PERTALITE & PERTAMAX dirumah. hari ini Senin 14 Agustus 2017 jam 11an siang, dapet amanat buat beliin stok bbm tersebut di spbu diatas.
dengan rincian 200rb PERTALITE dan 300rb PERTAMAX yg di isi kedalam dirigen, sampe dirumah langsung tuang ke botol kaca, awalnya saya gak sadar dengan warna kedua bbm tersebut, tapi orang tua menanyakan “a, inimah pertalite” dan saya melihat dirigennya pertamax “ini, pertamax kok mah”. rancu dengan itu, kemudian saya menuang PERTALITE ke botol kaca juga, dan ternyata sama warnanya. emang iya warnanya sama? penasaran saya kembali ke spbu tersebut untuk menkonfirmasi kebenarannya. mungkin si tukang bbm salah nozzle.
sambil bawa uang 20rb dan saya membawa 2 botol kaca, langsung menuju kembali ke spbu tersebut dan mengisi PERTALITE & PERTAMAX ke masing2 botol, dan hasilnya memang sama warnanya. bertanya-tanya lagi emang iya warnanya sama? penasaran saya lgs ke office spbu terebut untuk klarifikasi.
pihak spbu menjelaskan bahwa, memang terkadang ada kesamaan warna antara PERTALITE & PERTAMAX. ang saya tahu PERTAMAX lebih gelap warnanya dibanding PERTALITE. dan saya sedikit beragumen soal itu, dan pihak spbu tetap bersikeras bahwa PERTALITE & PERTAMAX SAMA WARNANYA. agak sedikit aneh, saya menunjukan video rekaman saat nozzle mengisi 2 botol kaca tersebut dengan PERTALITE & PERTAMAX sambil mengatakan bahwa saya akan menanyakan hal ini ke pertamina pusat. pihak spbu tiba-tiba mengatakan untuk kembali besok dengan menukar PERTAMAX yang sudah saya beli senilai 300rb tersebut dengan yg PERTAMAX baru, karena menurut pihal spbubesok akan ada loading PERTAMAX yg baru. OK besok saya kembali.
just sharing aja dan masih bertanya tanya EMANG WARNANYA SAMA PERTALITE & PERTAMAX? mungkin ada pernah ngalamin kesamaan warna.
klo memang spbu ini salah, waduh berapa banyak org yg sudah dirugikan, dan klo memang spbu ini melakukan kecurangan tersebut, sangat disayangkan spbu akan ditutup oleh pertamina pusat, sama seperti spbu (jarak 5km) yg saat ini sudah tidak beroperasi dikarenakan hal yg sama.
semoga bermanfaat dan salam, terima kasih.

Meski begitu belum diketahui pasti seperti apa kebenaran dari kejadian tersebut.

Rekaman tersebut kemudian mendapat tanggapan beragam dari para netizen.

“Haduh pertamax rasa pertalite ,. Bui dah bui,“tulis Eka Rock Serdadoe.

“Eta terangkanlah,”komentar @hendra.

“Seandainya saja pertalian warna biru n Pertamax warna hijau… Pasti bnyak yg beli prtalite. Hahahahahahahaha bs gk ditukar kyak gt jg. Coba tanya sma SPBUnya,“tulis @Agus Ymci Makassar

“Itu jelas2 penipuan. Pertamax tu warna nya biru….Laporin tu SPBU ny biar di segel. SPBU ny udah gak bener tu, penipu. Biadab betul yg pny spbu, tega2 nya menipu konsumen….,“tulis @Ricky Rajaie Rafi

Sementara itu, ada juga netizen lainnya yang mengkritik aksi yang dilakukan oleh panji:

“Masih aja ada yang nyalahin.. Di spbu gak boleh mainin hape.. Hey coeg..klo gak di rekam lu lu pada bilang hoak,nanyain sumber,bukti kongkrit dll..,” tulis @Edogawa Conan.

 

Sumber : Tribunnews.com

 

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *