Warga Ketileng Cilegon Rayakan Tahun Baru Hijriyah dengan Pawai Obor.

CILEGON – Ratusan warga Link Ketileng, Kelurahan Ketileng, Kecamatan Cilegon, Kota Cilegon melakukan Pawai Obor dengan berkeliling untuk menyambut pergantian tahun baru Hijriyah yang jatuh pada Rabu (20/9/2017) malam Kamis ini.

Pawai obor yang diselenggarakan warga Ketileng ini diikuti oleh anak-anak hingga orang dewasa. Lantunan Sholawat kepada Baginda Nabi Muhammad SAW dengan iringan alat musik ketimpringan, tampak begitu semarak dan hikmat serta menyita perhatian warga yang dilaluinya.

Seperti dalam pantauan faktabanten.co.id, saat iring-iringan pawai obor warga Ketileng ini melewati Link. Seneja Kelurahan Sukmajaya. Beberapa warga Seneja tampak keluar rumah untuk melihat kemeriahan perayaan tahun baru Hijriyah ini.

Selain Link Ketileng, warga Sumampir dengan menggunakan kendaraan juga tampak berkeliling di beberapa ruas jalan perkotaan dengan membawa obor sambil bersholawat.

Disela-sela iringan, Mawardi, Ketua pelaksana acara perayaan tahun baru 1 Muharram di Link Ketileng ini mengatakan, bahwa kegiatan pawai obor ini untuk menyambut perayaan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1439 H.

“Ini perayaan dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam, kang. Kita sebagai orang Islam harus menyambut dan merayakannya, jangan tahun baru masehi aja yang dirayakan,” terangnya.

Lebih lanjut, Mawardi yang juga sebagai Ketua RW di Ketileng ini juga mengatakan, bahwa pawai obor ini salah satu rangkaian perayaan yang pada puncak perayaan akan diisi dengan tausyiah agama.

“Selain pawai obor, untuk peryaaan Tahun Baru Islam ini kita juga puncaknya nanti malam minggu akan diisi dengan mengundang Kyai untuk tausyah agama,” pungkasnya. (*)