Warga Suka Negara Lebak Minta Dibangunkan Sekolah Dasar di Desanya

LEBAK – Pemerintah Kabupaten Lebak diminta segera membangun Unit Sekolah Baru (USB) di Desa Suka Negara, Kecamatan Muncang. Pasalnya, sekolah yang terdekat berada di desa lain dengan jarak tempuh mencapai 2 kilometer.

Menurut Neneng, salah satu orang tua murid siswa kelas dua SD ini, dirinya dan para orang tua lainya di Desa Suka Negara selalu dihinggapi perasaan cemas atau was-was ketika anaknya berangkat atau pulang dari sekolah, hal itu akibat jarak yang ditempuh cukup jauh.

Selain itu jarak tempuh ke sekolah melintasi jalur jalan yang sangat ramai kendaraan, terlebih di kala musim hujan seperti saat ini.

“Jika berangkat ke sekolah harus menggunakan jasa ojek, sedangkan ongkosnya pun cukup tinggi, untuk bolak balik dari rumah ke sekolah atau sebaliknya itu menghabiskan biaya transportasi sebesar 20.000 rupiah, dan itu setiap hari,” katanya.

Berdasarkan hal tersebut, Desa Suka Nagara dikatakan warganya, sudah sangat layak apabila Pemerintah Kabupaten Lebak melalui Dinas Pendidikan untuk membangun Sekolah Dasar baru, lantaran warga di desa itu memiliki keinginan besar untuk menyekolahkan anaknya.

Sementara itu dikatakan Saikam, Kepala Desa Suka Negara ketika dikonfirmasi di ruang kerjanya, mengakui bahwa di desanya masih kekurangan sarana pendidikan, sedangkan jumlah penduduk di setiap kampungnya cukup padat.

“Pihak Pemerintah Desa Suka Negara telah bersepakat dengan seluruh warga untuk mempersiapkan tanah milik desa sebagai lahan yang akan digunakan fasilitas pendidikan apabila pihak pemerintah melalui Dinas Pendidikan mau membantu membangun Unit Sekolah Dasar baru di desa kami,” pungkas Saikam.

Akibat jarak tempuh yang cukup jauh, SD yang ada tidak terjangkau oleh para siswa, seperti para siswa yang berasal dari Kampung Cirangrang misalnya, setiap hari mereka (siswa) harus bersusah payah untuk bersekolah yang lokasinya berada di Desa Ciminyak. (*/Nana Sofyan)