Wilayah Banten Terjadi Cuaca Dingin di Malam-Pagi Hari, Ini Penjelasan BMKG

BANTEN HEADLINE SERANG TEKNOLOGI UTAMA

FAKTA BANTEN – Mungkin masyarakat di Banten merasakan suhu udara yang dingin pada saat malam hingga pagi hari dalam beberapa pekan ini. Ternyata ini bukan hanya terjadi di Banten, tetapi suhu udara dingin juga terjadi di sebagian wilayah Indonesia.

Menurut Kepala Bagian Humas Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Hary Tirto Djatmiko, suhu dingin terjadi karena Indonesia mengalami puncak musim kemarau pada Juli sampai Agustus ini.

“Dengan indikator aktifnya monsun Australia, Indonesia mendapatkan pengaruh dari aliran massa dingin dari Australia yang menuju ke Asia,” ujar Hary, dikutip dari Merdeka.com, Senin (6/8/2018).

Hawa dingin itu menurutnya, menyebabkan perubahan suhu menjadi lebih dingin di sejumlah wilayah Indonesia khususnya di sebelah Selatan garis khatulistiwa. Mulai dari Sumatera Selatan, Lampung, Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, NTB dan NTT.

Hary juga menjelaskan, saat ini Indonesia memang berada di puncak musim kemarau yang ditandai dengan suhunya lebih dingin, siang lebih panas, anginnya lebih kencang.

 

“Masyarakat diingatkan tak perlu khawatir dan resah. Yang penting mempersiapkan diri menghadapi udara dingin ini,” kata Hary. (*/Ilung)

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *